Pramuka Bersihkan Objek Wisata di Pariaman

id Pramuka

Pramuka Bersihkan Objek Wisata di Pariaman

Kapolresta Pariaman, Sumbar AKBP Gandung Drajad Wardoyo saat meninjau para peserta Pembinaan, Pelatihan, dan Penyelenggaraan Gerakan Pramuka se-Kota Pariaman Tahun 2013 di Desa Air Santok, Pariaman Timur, Sabtu (5/10). Kegiatan itu dikuti 150 pelajar dan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu (6/10). Para peserta diajarkan prinsip-prinsip dasar kepramukaan dan materi lalu lintas. antarasumbar/Wahdi Septiawan/13 ()

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) beserta Pramuka tingkat Penegak setempat membersihkan objek wisata di daerah itu sebagai upaya menciptakan wisata yang bersih dan asri.

"Salah satu tindakan yang dilakukan ialah aksi membersihkan sampah di kawasan objek wisata," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Minggu.

Ia menjelaskan aksi tersebut dilakukan karena sektor pariwisata tidak terlepas dari pentingnya kenyamanan bagi pengunjung.

"Jika banyak sampah berserakan di destinasi wisata, tentu berpengaruh pada tingkat kunjungan yang terus menurun," ujarnya.

Secara umum, ia mengatakan upaya mewujudkan wisata bersih dan asri tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah setempat, melainkan juga masyarakat serta pramuka yang merupakan organisasi kepanduan daerah itu.

Ia mengatakan kegiatan bersih sampah untuk menciptakan wisata Pariaman bersih dan asri itu telah dilaksanakan di Pantai Cermin dan beberapa titik lainnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pramuka dari delapan sekolah daerah setempat yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 2, SMKN 4, SMK Global, SMK Plus dan SMK BNM Kota Pariaman.

Selanjutnya, aksi serupa akan menjadi kegiatan rutin dua mingguan oleh Pramuka Kota Pariaman di berbagai kawasan wisata daerah itu.

"Jika tempat wisata telah bersih, kunjungan wisatawan nantinya akan meningkat serta berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Selain itu, ia berharap masyarakat serta pengunjung kawasan wisata Pariaman untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.

Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) setempat Junaidi mengatakan keberhasilan pariwisata harus didukung kebersihan dan kenyamanan.

Pihaknya mengaku FKH juga turut melakukan aksi bersih lingkungan sesuai agenda yang telah disusun. (*)