SEA Games - Hadapi Malaysia, Timnas Bola Basket Putra Diminta Tampil Tenang di Final

id BASKET SEA GAMES

SEA Games - Hadapi Malaysia, Timnas Bola Basket Putra Diminta Tampil Tenang di Final

Pebasket Indonesia Kevin Yonas Argadiba Sitorus (kedua kiri) berusaha melewati tiga pebasket Vietnam pada SEA Games XXIX Kuala Lumpur di Maba Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8). Tim Basket Indonesia menang atas Vietnam dengan skor 89-73. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras/17)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Tim nasional bola basket putra Indonesia diminta oleh jajaran pelatih untuk tampil tenang dan sabar ketika berhadapan dengan Filipina pada final SEA Games ke-29 2017, Malaysia, Sabtu.

"Mereka harus lebih tenang, sabar dan percaya pada kemampuan mereka sendiri," kata asisten pelatih timnas bola basket putra Johannis Winar ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat malam.

Menurut Winar, anak-anak asuhnya memiliki modal untuk membuat sejarah pertama kalinya merebut emas cabang olahraga bola basket putra SEA Games.

Namun yang penting, lanjut dia, adalah mempertahankan performa dan bermain dengan penuh semangat juang. Winar pun mencontohkan laga semifinal kontra Thailand pada Jumat (25/8) yang dimenangkan Indonesia dengan skor 79-74.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Maba, Kuala Lumpur itu, Indonesia beberapa kali tertinggal tetapi akhirnya bisa menang setelah mampu mencetak poin meski dalam keadaan sulit.

"Dari segi teknik, pemain sudah melakukan semuanya ketika lawan Thailand. Pada final, mereka harus bisa mengulangi apa yang mereka lakukan di semifinal," ujar Winar lagi.

Pertandingan final bola basket putra SEA Games ke-29 2017, Malaysia, digelar pada Sabtu mulai pukul 18.15 WIB.

Sebelum laga ini, akan digelar pertandingan Singapura versus Thailand untuk merebut medali perunggu.

Final tim basket putra Indonesia versus Filipina merupakan ulangan setelah sebelumnya kedua tim juga berjumpa pada final SEA Games 2015, Singapura.

Ketika itu, Indonesia harus puas meraih perak karena kalah 72-64.

Kemudian, Indonesia dan Filipina kembali bertemu pada Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara SEABA 2017 pada Mei 2017 lalu.

Dalam kompetisi berformat round robin itu, satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat melawan Filipina yang menjadi tuan rumah, dengan skor 97-64.

Filipina yang tidak terkalahkan pun menjadi juara, sedangkan Indonesia menjadi "runner up" atau tim terbaik kedua. (*)