Sijunjung Seminarkan Pemanfaatan Lahan Kosong

id #Lahan kosong #koperasi sijunjung

Sijunjung Seminarkan Pemanfaatan Lahan Kosong

Pembukaan Seminar Pemanfaatan lahan perkarangan rumah yang kosong. (c)

Muaro (Antara Sumbar) Pemerintah Kabupaten Sijunjung terus berupaya mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau terlantar agar lebih produktif, guna meningkatkan pemahaman masyarakat digelar seminar.

Pelaksanaan seminar yang gagar oleh Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sijunjung dalam rangka HUT Koperasi ke 70 dan sekaligus memeriahkan HUT RI Ke 72, di Hotel Bukit Gadang, Muaro Kamis.

Peserta yang diikuti sebanyak 80 orang utusan dari koperasi yang ada di Kabupaten Sijunjung. Dalam laporan panitia menyebutkan kegiatan ini sekaligus untuk membina koperasi yang tidak aktif dan aktif tapi belum RAT.

Tujuan kegiatan ini antara lain mendorong pembangunan ekonomi nasional secara mandiri, berkeadilan dan berkelanjutan, pemanfaatan lahan kosong terutama dipekarangan rumah bagi masyarakat khususnya bagi anggota koperasi.

Menjadikan lahan kosong produkti sehingga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian, dan memberikan arti pentingnya koperasi sebagai dasar kekuatan ekonomi rakyat.

Seminar dibuka oleh bupati yang di wakili Kepala Dinas Dagperinkop Sijunjung Em Yasri, dan turut dihadiri Anggota DPRD, OPD atau yang mewakili, Dewan Koperasi, Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung, Bank Nagari, BRI dan BNI cabang Sijunjung dengan mendatangkan narasumber dari K.P Balitbu dan Balittro Solok.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan apresiasi kepada Dekopinda Sijunjung dengan diadakan seminar pemanfaatan lahan kosong yang menggandeng koperasi ini, karena merupakan satu-satunya lembaga yang cocok untuk berbagai potensi ekonomi rakyat.



Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap terbangun kemitraan antara pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung yang di wakili Dinas Dagperinkop dengan Dekopinda untuk menghadapi tantangan yang makin berat ke depan.



Apalagi, kata dia, dengan adanya komunitas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga koperasi sebagai salah satu pelaku usaha di Indonesia tidak ketinggalan dan ikut serta berperan di dalamnya dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.***