Ribuan Orang Ikut Meriahkan Pawai HUT RI di Sijunjung

id pawai agustus

Ribuan Orang Ikut Meriahkan Pawai HUT RI di Sijunjung

Peserta pawai sepeda hias melintas di depan podiun di ruas jalan Kota Muaro Sijunjung. Pawai Kemerdekaan ke 72 RI itu diikuti pelajar, pegawai BUMN, BUMD dan OPD se-Kabupaten Sijunjung. (Antara sumbar/Dicko & Novan)

Sijunjung (Antara Sumbar) - Ribuan pelajar, karyawan swasta, BUMN,BUMD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, ikut serta dalam pawai memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Iring-iringan peserta pawai budaya, pembangunan dan alegoris itu secara resmi dilepas Bupati Sijunjung, Drs H Yuswir Arifin, Selasa, dengan melintasi sejumlah ruas jalan utama di kota Muaro Sijunjung.

Ketua penyelenggara pawai tingkat Kabupaten Sijunjung, Em Yasri, menjelaskan tujuan pawai dengan tema "Indonesia Kerja Bersama" tersebut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 72.

Peserta pawai pembangunan pesertanya dari kelompok swasta, BUMN, BUMD dan seluruh OPD se-Kabupaten Sijunjung, dengan jumlah sebanyak 28 kontingen. Sedangkan pawai Alegoris diikuti sekolah-sekolah tingkat SLTA di Muaro Sijunjung sebanyak 12 grup, sepeda hias diikuti murid SD/TK sebanyak 20 sekolah.

Kemudian pawai budaya diikuti utusan kecamatan yang akan menampilkan kesenian, adat dan budaya pada masing-masing wilayah dan pesertanya sebanyak 48 kelompok, dan tamp[ilan drum band diikuti oleh SD dan SLTP se Kabupaten Sijunjung sebanyak 37 grup.

"Panitia akan menilai seluruh kategori pawai. Kita juga berupaya menghibur masyarakat dengan berbagai atraksi yang ditampilkan peserta pawai ini," katanya menjelaskan.

Rute yang akan dilalui peserta pawai adalah Simpang Pasar Inpres (Pulau Berambai), Khusus Pawai Pembangunan (Seluruh SKPD, Instansi Vertikal, perguruan Tinggi, BUMN, BUMD dan Swasta) Finish di Simpang SMA.

Pemenang diambil dari 5 kategori yaitu kategori Pembangunan, Drumband, Budaya, Alegoris dan Sepeda Hias.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara dan berharap ajang generasi penerus ini dapat berubah untuk lebih baik dari tahun ke tahun.

Ia mengimbau agar generasi muda untuk menjadi generasi yang tangguh, mandiri, berkarakter dan bertanggungjawab."Mari juga kita membangun bangsa yang berdaulat, ekonomi mandiri dan membangun budaya yang berkepribadian," kata bupati. (*)