Agam Serahkan 130 Alsintan Kepada Kelompok Tani

id alat mesin pertanian

Agam Serahkan 130 Alsintan Kepada Kelompok Tani

Pegawai Dinas Pertanian Agam memeriksa traktor tangan yang akan diserahkan kepada kelompok tani di daerah itu, Selasa (22/8). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyerahkan sebanyak 130 alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani guna mendukung upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi pada 2017.

"Bantuan tersebut diserahkan kepada kelompok tani berdasarkan permohonan yang ajukan ke Dinas Pertanian," kata Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan, Dinas Pertanian setempat, Inyoman Karyawan di Lubukbasung, Selasa.

Ia menjelaskan ke 130 unit alsintan itu berupa traktor tangan sebanyak 33 unit, mesin perontok padi sebanyak satu unit, mesin penyemprot hama tanaman sebanyak 64 unit.

Pompa air sebanyak 25 unit dan cultivaktor atau mesin pengolah tanah sebanyak lima unit.

"Kita berharap bantuan yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai ada penyalahgunaan alsintan untuk kepentingan pribadi, monopoli atau malah tidak digunakan," katanya.

Bantuan ini tambahnya, berasal dari Kementerian Pertanian, dan dana dekonsentrasi Provinsi Sumbar pada 2017.

Bantuan alsintan setiap tahun diperoleh dalam mendukung upaya khusus peningkatan produksi padi di daerah itu.

Pada tahun ini pemerintah daerah menargetkan luas tanam padi sekitar 76.692 hektare, luas panen 75.025 dan produksi 450.150 ton.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan target ini dapat tercapai nantinya, karena alat mesin pertanian suatu kebutuhan pokok bagi petani untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian mereka.

Salah seorang petani, Muhliar (48) mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, sehingga pihaknya dengan mudah untuk mengolah lahan pertanian.

"Bantuan ini akan kami jaga dengan baik sehingga bisa digunakan untuk beberapa tahun ke depan," katanya. (*)