960 Kilogram Rastra Lakitan Tengah Pesisir Selatan Terendam Banjir

id rastra

960 Kilogram Rastra Lakitan Tengah Pesisir Selatan Terendam Banjir

Tim Koordinasi Rastra Pesisir Selatan ketika mengunjungi Gudang Bulog Sago (cc)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak 960 kilogram Beras Keluarga Sejahtera (Rastra) di Nagari (Desa Adat) Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terendam banjir pada Senin (21/8) malam.

"Rastra kami terima Minggu (20/8) sore dan akan dibagikan Senin karena hujan maka pembagian diurungkan namun malamnya rastra malah terendam banjir," kata Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi di Painan, Selasa.

Ia menambahkan per bulannya nagari tersebut mendapat alokasi Rastra sebanyak 10.860 kilogram dan akan dibagikan ke 724 penerima yang menetap di empat kampung.

"Saat ini kami berupaya memisahkan antara beras yang kering dan yang terendam banjir sehingga kualitas beras tetap terjaga," kata dia.

Pihaknya juga masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pejabat kecamatan sehingga tidak terjadi pro dan kontra pada saat pembagian.

Sebagai wali nagari pihak berharap agar pemerintah kabupaten mengambil langkah cepat agar penerima rastra bisa mendapatkan beras sebagaimana mestinya secara keseluruhan.

Selain meredam ratusan rastra, banjir di Kecamatan Lengayang juga menyebabkan dua Sekolah Dasar tidak melaksanakan proses belajar mengajar karena gedung sekolah tergenang air.

Camat Lengayang, Mulyadi menyebutkan banjir di daerah itu terparah terjadi di Nagari Lakitan Tengah dan berdampak kepada 560 kepala keluarga.

Banjir terjadi akibat hujan deras pada Senin (21/8) siang dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (*)