Pariaman Anggarkan Rp13,5 Miliar untuk Penyelenggaraan MTQ Provinsi

id MTQ

Pariaman Anggarkan Rp13,5 Miliar untuk Penyelenggaraan MTQ Provinsi

Ilustrasi - MTQ. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat menganggarkan Rp13,5 miliar untuk penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 37 tingkat provinsi itu.

"Dana tersebut telah disetujui melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2017," kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan selain didukung dana APBD setempat, penyelenggaraan MTQ ke-37 juga dibantu oleh pemerintah provinsi.

Besaran dana yang dibantu pemerintah provinsi mencapai Rp3,3 miliar yang dicairkan pada APBD Perubahan, ujar dia.

Penyelenggaraan MTQ tersebut kata dia, direncanakan pada November 2017, namun segala pembangunan infrastruktur diperkirakan selesai pada Oktober.

Pemerintah daerah ujar dia, sedang mengupayakan percepatan pembangunan untuk mengejar target pelaksanaan sarana dan prasarana.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk mempercepat pembangunan sehingga penyelenggaraan MTQ sesuai jadwal, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) pemerintah setempat Armaizal mengatakan penyelenggaraan MTQ ke-37, Kota Pariaman menargetkan peringkat lima besar.

"Kota Pariaman sebagai tuan rumah akan berupaya memperbaiki peringkat MTQ sebelumnya yaitu posisi 9," ujar dia.

Oleh karena itu katanya, pemerintah daerah akan mengupayakan penjaringan para kafilah terbaik untuk berkompetisi dengan 18 kota dan kabupaten lainnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan kafilah terbaik kata dia, pemerintah setempat telah beberapa kali mengadakan lomba MTQ tingkat kecamatan dan kota.

Untuk pembukaan awalnya ujarnya, dilakukan di Pantai Kata Kecamatan Pariaman Tengah.

Terkait anggaran ujar dia, dana yang bersumberkan ABPD Kota Pariaman sudah bisa dicairkan, namun dari pemerintah provinsi belum bisa. (*)