Duta Arsip Nasional: Arsip Bukan Barang Rongsokan

id Rieke Diah Pitaloka

Duta Arsip Nasional: Arsip Bukan Barang Rongsokan

Rieke Dyah Pitaloka. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Duta Arsip Nasional Rieke Diah Pitaloka mengatakan arsip-arsip negara dan perjuangan kemerdekaan RI bukanlah barang rongsokan, tetapi memiliki nilai gagasan yang tak lekang waktu.

"Ternyata arsip itu perjalanan sebuah bangsa, perjalanan peradaban sebuah bangsa," kata Rieki ditemui usai menghadiri pembukaan Pameran Sukarno: Besar bersama Rakyat di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Selasa.

Dalam pameran tersebut ditampilkan ratusan dokumen tertulis dan gambar salinan foto perjalanan perjuangan Presiden Pertama Ir Sukarno.

Menurut Rieke, Sukarno memiliki begitu banyak gagasan kepemimpinan dan nilai-nilai moral yang membangun Indonesia dari zaman penjajahan hingga kemerdekaan RI.

"Seorang pemimpin itu tidak cukup hanya pencitraan. Apa yang dia lakukan memperlihatkan bagaimana sesuatu yang tidak dibuat-buat. Bahwa kepemimpinan politik itu juga harus penuh dengan rasa empati, humanisme yang tinggi, yang orientasinya pertama kali untuk kepentingan bangsanya sendiri," tambah Rieke terkait gambar-gambar salinan foto Sukarno.

Selain berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Sukarno juga menyuarakan kemerdekaan bangsa-bangsa lain yang terjajah saat itu di kawasan Asia Afrika.

Pameran itu terbuka untuk umum dan diselenggarakan pada 22-25 Agustus 2017 di Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara.

Arsip-arsip, terdiri dari arsip foto, tekstual dan video, yang dipamerkan merupakan koleksi Kementerian Sekretariat Negara dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (*)