Warga Baringin Tanah Datar Siap Perangi Narkoba, Patut Dicontoh

id perang narkoba

Warga Baringin Tanah Datar Siap Perangi Narkoba, Patut Dicontoh

Ketua BNK Tanah Datar Zuldafri Darma (lima kiri) dan Kapolres Bayuaji Yudha Prajas (enam kiri) bersama masyarakat Jorong Lantai Batu, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, usai penandatangan kesepakatan bersama perang terhadap Narkoba. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengapresiasi warga di Jorong Lantai Batu dan Jorong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, yang menyatakan siap memerangi dan membebaskan daerahnya dari penyalahgunaan narkoba.

"Penyalahgunaan narkoba dapat merusak sendi kehidupan masa depan masyarakat dan generasi muda, dengan tekad masyarakat perang terhadap narkoba, kita berharap tercipta lingkungan yang sehat dan aman." kata Ketua BNK Tanah Datar, Zuldafri Darma di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan ada tiga faktor yang menjadikan narkoba mudah merasuki generasi muda, yakni faktor pribadi yang ingin coba-coba, faktor lingkungan dan faktor ketersediaan barangnya.

"Karena itu, diimbau kepada keluarga, ninik mamak maupun tokoh masyarakat dapat mengawasi dengan ketat pergaulan ataupun kegiatan anak-anak kita, sehingga bisa terhindar dari pengaruh Narkoba," katanya.

Wakil Bupati Tanah Datar ini juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Polres Tanah Datar yang komitmen memerangi penyalahgunaan Narkoba, karena sejalan dengan visi misi pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat yang madani, makmur dan sejahtera.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengucapkan terima kasih atas tekad masyarakat dalam pemberantasan narkoba, karena Indonesia saat ini dalam kondisi darurat narkoba.

"Peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam pemberantasan Narkoba, karena benda haram ini dapat menghancurkan masa depan bangsa yang suatu saat akan menimbulkan bahaya hilangnya satu generasi," katanya.

Kapolres meminta agar seluruh elemen masyarakat menjauhi Narkoba karena tindak kriminal banyak berawal dari penyalahgunaan Narkoba.

"Bagi Masyarakat yang tergolong sebagai pecandu Narkoba dapat melaporkan diri, dan Polres Tanah Datar bersama dengan BNK akan memfasilitasi dalam rehabilitasi dan konseling," katanya.

Ia menyampaikan salah satu cara untuk menghindari penyalahgunaan narkoba adalah dengan mengisi aktivitas dengan kegiatan yang positif.

Bayuaji mengharapkan tekad masyarakat ini tidak hanya slogan, namun terlaksana nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga pengaruh dan peredaran narkoba hilang di Tanah Datar. (*)