Waspadai, Pesisir Pantai Sumbar Berpotensi Hujan Lebat Sertai Petir

id Hujan

Waspadai, Pesisir Pantai Sumbar Berpotensi Hujan Lebat Sertai Petir

(ANTARA SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan sebagian besar wilayah di pesisir pantai provinsi itu berpotensi hujan lebat disertai petir dan kilat pada 21 hingga 23 Agustus 2017.

"Khusus untuk hari ini, hujan diperkirakan masih turun hingga pukul 17.00 WIB, namun potensinya masih ada hingga tiga hari ke depan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Senin.

Ia menyebutkan daerah Pesisir Pantai Barat yang dilanda hujan itu yakni Kepulauan Mentawai, Agam, Padangpariaman, Kota Pariaman, Padang, dan Pesisir Selatan.

Selanjutnya dapat meluas ke wilayah Bukittinggi, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan sekitarnya dengan intesitas sedang hingga lebat dan disertai petir dan kilat.

Selain diguyur hujan, Sumbar juga berpotensi dilanda angin yang bersifat insidentil atau tidak setiap waktu kencang di daerah Kepulauan Mentawai, pesisir Pantai Barat Sumbar dan sebagian Kota Solok.

"Kecepatan angin maksimal 25-30 kilometer per jam," ujarnya.

Kemudian untuk suhu udara, sebutnya pada cuaca cerah dapat mencapai 31 derajat celcius dan 24 derajat celsius saat hujan.

Ia mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada terutama terkait genangan air, longsor dan banjir di wilayah pesisir pantai Sumbar khususnya Kepulauan Mentawai dan Sumbar bagian tengah.

"Masyarakat harus berhati-hati di daerah rawan longsor seperti sekitar Lembah Anai dan Sitinjau Laut," ujar dia.

Ia juga mengingatkan pengendara sepeda motor siap sedia jas hujan dan pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)