Bank Nagari Sosialisasikan Rekening Virtual Kepada OPD Solok Selatan

id Rekening Virtual

Bank Nagari Sosialisasikan Rekening Virtual Kepada OPD Solok Selatan

Pimpinan Bagian Pengembangan Divisi Dana dan Treasury Bank Nagari Defrizon (kanan) menjelaskan Nagari virtual account kepada bendahara OPD Solok Selatan di ruang Tangsi Ampek Solok Selatan, di Padang Aro, Senin (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bank Nagari melakukan sosialisasi rekening virtual account atau nomor identifikasi pelanggan perusahaan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Solok Selatan, Senin.

"Dengan Nagari Virtual Account ini Pemerintah Daerah akan lebih mudah dalam melihat rincian penerimaan daerahnya seperti pajak restoran, hotel serta pajak retribusi", kata Pimpinan Bagian Pengembangan Divisi Dana dan Treasury Bank Nagari Defrizon, di ruang Tangsi Ampek Solok Selatan, di Padang Aro .

Dia mengatakan, rekening induknya adalah rekening kas daerah dan subnya Virtual account.

Nagari Virtual Account kata dia, merupakan program baru yang dibentuk Bank Nagari untuk memudahkan pemerintah daerah.

"Saat ini baru pemerintah tingkat satu yang mempergunakan dan Solok Selatan menjadi yang kedua dan itupun baru sosialisasi," kata dia.

Kemudahan lainnya kata dia, seluruh laporan keuangan pemerintah daerah akan tercatat dengan rapi sehingga bisa mencegah korupsi.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria melalui Sekretaris Daerah Yulian Efi mengatakan, Nagari Virtual Account merupakan aplikasi yang dikembangkan Bank Nagari dengan tujuan memberi kemudahan kepada pemilik rekening dalam melakukan pengolahan atas rekening yang dimiliki.

"Dengan adanya Nagari virtual account diharapkan dapat mempermudah pemerintah dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan," ujarnya.

Dia mengatakan, setiap transaksi pada kas daerah telah dipilah masing-masing jenisnya sesuai dengan nomor rekening virtual yang terdaftar.

Fasilitas Nagari virtual account ini merupakan kerjasama kedua antara pemerintah Solok Selatan dengan Bank Nagari dalam pengelolaan kas daerah.

Sebelumnya Bank Nagari dengan Pemkab Solok Selatan juga telah menjalin kerjasama fasilitas PBB P2 dalam jaringan.

"Ke depan kita akan terus bekerja sama melakukan pengembangan aplikasi pengelolaan keuangan daerah supaya lebih transparan dan akuntable," kata dia.

Sementara itu Ketua Pelaksana Irwanesa mengatakan, kegiatan ini di ikuti oleh 40 orang bendahara penerimaan dan pengeluaran Pemkab Solok Selatan.

Sosialisasi ini kata dia, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengelola keuangan di Pemerintah Solok Selatan. (*)