Irwan Prayitno Pecahkan Rekor Dunia Pantun Terbanyak

id rekormuri

Irwan Prayitno Pecahkan Rekor Dunia Pantun Terbanyak

REKOR MURI PANTUN GUBERNUR Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menunjukan buku pantun spontan keenam ciptaannya, di Padang, Sumatera Barat, Minggu (20/8). Iwan Prayitno menciptakan 18 ribu pantun spontan yang terangkum dalam enam buku serta mendapatkan rekor dunia dan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kepala daerah yang menciptakan pantun terbanyak. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pras/17 ()

"Rekor ini bukan nasional, tetapi rekor dunia,"
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memecahkan rekor dunia "Kepala Daerah yang Menciptakan Pantun Terbanyak" dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Rekor ini bukan nasional, tetapi rekor dunia," kata tim Muri, Andre saat menyerahkan penghargaan di Padang, Minggu.

Ia mengatakan jumlah pantun yang dibuat dan menjadi penilaian Muri sekitar 18 ribu, dan itu masih berpotensi bertambah.

Muri menurut dia sudah melakukan pengecekan terhadap kepala daerah lain yang mungkin juga pernah membuat banyak pantun, salah satunya melalui Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia.

Sesuai informasi yang diterima, Irwan Prayitno adalah kepala daerah paling banyak membuat pantun.

Ia menyatakan selamat atas rekor yang diterima orang nomor satu di Sumbar itu.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan membudayakan pantun merupakan salah satu keinginannya yang sesuai juga dengan nilai-nilai budaya daerah.

"Kita berharap budaya ini bisa hidup di jajaran Pemprov Sumbar," kata dia.

Ia juga berharap budaya itu hidup pada generasi muda salah satunya dengan menggelar kegiatan dan lomba berkaitan dengan pantun.

Ia mengapresiasi Festival Pantun Spontal ala Irwan Prayitno tingkat SLTA se-Sumbar yang digelar pihak swasta karena bisa mewujudkan harapan tersebut.*