Pramuka harus Kenali Geografi Indonesia

id Pramuka

Pramuka harus Kenali Geografi Indonesia

Siswa yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Riau melakukan atraksi bendera di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (18/8). Peragaan aksi tersebut merupakan bagian dari peringatan HUT ke-56 Gerakan Pramuka Indonesia di Riau. (ANTARA FOTO/FB Anggoro/ama/17.)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan anggota Pramuka harus mengenali geografi Indonesia dengan mendalam dan jangan sampai orang luar lebih tahu Nusantara.

"Jangan sampai orang lain lebih mengenal negara kita, anak-anak muda seperti adik-adik harus lebih mengenal wilayah Indonesia, kita harus paham geografi," kata Ade kepada peserta Raimuna Nasional XI 2017 dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kepada peserta Rainas XI di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (19/8) malam, dia mengatakan hal yang tidak kalah penting bagi anggota Pramuka adalah mengetahui geografi laut Indonesia.

Terlebih, lanjut Ade, wilayah laut Indonesia sangat luas sehingga masyarakatnya harus memiliki visi maritim sehingga dapat jaya di laut.

Saat memberi pengarahan kepada anggota Pramuka Rainas XI, Ade mengajak interaksi peserta dengan kuis terkait geografi Indonesia.

Di acara yang sama, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan juga mengadakan kuis berhadiah dengan menanyakan peserta soal seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan potensi perekonomian daerah-daerah di Indonesia. (*)