Padangpariaman Tawarkan Destinasi Wisata Pemandangan Laut Lepas

id RUMAH POHON

Padangpariaman Tawarkan Destinasi Wisata Pemandangan Laut Lepas

Pemandangan dari objek wisata Rumah Pohon di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman dengan ketinggian sekitar 60 di atas permukaan laut, Sabtu (19/8). Objek wisata tersebut merupakan salah satu dari tiga destinasi di Padangpariaman yang menyajikan pemandangan laut lepas dari ketinggian. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S. )

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, menawarkan tiga destinasi wisata pemandangan laut lepas dari ketinggian sekitar 60 meter sampai 650 meter di atas permukaan laut kepada wisatawan.

"Ada tiga objek wisata di Padangpariaman yang menyajikan pemandangan laut lepas dari ketinggian," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Jon Kenedi di Parit Malintang, Sabtu.

Ia menyebutkan objek wisata yang menyajikan pemandangan laut lepas dari ketinggian tersebut yaitu rumah pohon di Kecamatan Batang Anai, Bukik Siriah Mountain View di Kecamatan Sungai Geringging, dan Puncak Anai di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.

Ia mengatakan objek wisata pertama yang menawarkan pemandangan laut lepas yaitu rumah pohon dengan ketinggian sekitar 60 meter di atas permukaan laut.

Objek wisata itu menyajikan pemandangan hamparan laut, pulau serta aktivitas terbang dan mendaratnya pesawat di Bandara Internasional Minangkabau.

"Dalam perjalanan menuju lokasi wisatawan juga dapat melihat aktivitas petani karet," katanya.

Selanjutnya objek wisata Bukik Siriah Mountain View dengan ketinggiaan 200 meter dari permukaan laut yang menyajikan pemandangan hutan yang masih terjaga serta hamparan laut dan deretan pulau dari Kota Pariaman hingga Kabupaten Pasaman Barat.

Di objek wisata itu juga terdapat jenjang seribu, pondok foto, pohon jomblo, dan wisatawan juga dapat melakukan perjalanan ke Danau Maninjau.

Lalu objek wisata Puncak Anai dengan ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut yang menyajikan pemandangan hutan dan lautan.

"Dari objek wisata itu wisatawan dapat melihat laut dan Kota Pariaman," ujarnya.

Kepala Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif Disparpora Padangpariaman Ade Novalia menyebutkan objek wisata Puncak Anai telah memiliki fasilitas wisata yang lengkap baik kolam yang memiliki air mancur serta kafe untuk bersantai.

Ia mengatakan selain ketiga objek wisata itu masih banyak destinasi wisata lainnya yang dapat menghibur wisatawan.

"Seperti Lubuk Bonta, Nyarai, Pantai Tiram," katanya.

Sementara itu, salah seorang pelaku sadar wisata Bukik Siriah Asril Wandi mengatakan pengelolaan wisata di daerahnya lebih kepada swadaya masyarakat.

"Dari pengelolaan tersebut telah banyak mendatangkan wisatawan ke objek wisata Bukik Siriah Mountain View," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya pun secara berkala menggelar latihan silat guna memperkuat daerah itu sebagai desa wisata. (*)