Pastikan Daging Layak Konsumsi, Padang Kerahkan Petugas Pantau Hewan Kurban

id Hewan Kurban

Pastikan Daging Layak Konsumsi, Padang Kerahkan Petugas Pantau Hewan Kurban

(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, mengerahkan 14 petugas kesehatan hewan untuk memantau kesehatan hewan kurban di daerah itu jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian setempat, Syaiful Bahri di Padang, Sabtu mengatakan para petugas kesehatan hewan tersebut terdiri atas enam orang dokter hewan dan delapan orang paramedis hewan.

"Petugas pemantau kesehatan hewan kurban itu bertugas memeriksakan dan memastikan bahwa hewan kurban yang akan disembelih pada saat hari raya kurban adalah hewan yang sehat," ujarnya.

Perlunya pemeriksaan hewan kurban tersebut, katanya agar daging kurban yg dikonsumsi oleh masyarakat merupakan daging yang sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit.

"Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi daging kurban itu dengan aman," katanya.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah itu dilakukan dengan mendatangi kantong-kantong ternak yang terdapat di beberapa kecamatan.

"Hingga saat ini sudah empat kantong ternak yang dilakukan pemeriksaan,"sebutnya.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat ataupun para pengurus masjid yang mengurusi hewan kurban agar melaporkan dan memeriksakan hewan kurban kepada tim pemeriksa kesehatan hewan.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban kepada 658 orang pengurus masjid yang ada di daerah itu.

"Dengan sosialisasi yang telah dilakukan diharapkan para pengurus masjid sudah mengerti tentang kesehatan hewan kurban itu," tambahnya. (*)