BPJS Ketenagakerjaan Manfaatkan Karnaval Sosialisasi Empat Program

id BPJS

BPJS Ketenagakerjaan Manfaatkan Karnaval Sosialisasi Empat Program

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok memanfaatkan karnaval perayaan Kemerdekaan RI ke 72 untuk sosialisasi empat program mereka kepada masyarakat umum terutama pedagang, pegawai non ASN dan pekerja lepas, Jumat (18/8). (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Solok, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Solok memanfaatkan kegiatan karnaval yang digelar pemerintah setempat untuk menyosialisasikan empat program mereka pada masyarakat luas.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Iskandar di Solok, Jumat, mengatakan, kegiatan karnaval memperingati hari Kemerdekaan RI ke 72 di ikuti oleh semua kalangan mulai dari siswa sekolah hingga masyarakat umum sehingga menjadi kesempatan bagus untuk memperkenalkan berbagai program BPJS.

"Melalui karnaval ini kita mendekatkan diri ke masyarakat agar mereka mengerti pentingnya BPJS Ketenagakerjaan dalam dunia kerja". Kata dia.

Adapun empat program pokok BPJS ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Untuk tiga progam pertama, yaitu JKK, JKM, dan JHT bisa diikuti oleh pekerja mandiri, atau sektor informal alias bukan penerima upah (BPU)

Menurut dia, semakin gencar pengenalan akan pentingnya BPJS ketenagakerjaan maka minat masyarakat untuk jadi peserta juga akan naik.

Dengan karnaval ini kata dia, merupakan momen bagus untuk sosialisasi karena disaksikan banyak orang.

"Karnaval dilaksanakan di titik keramaian sehingga banyak yang menyaksikan dan ini kesempatan bagus untuk memperkenalkan program kita," ujarnya.

Ia berharap, perusahaan, pekerja non Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pedagang menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan agar mereka merasa aman dalam bekerja.

Karnaval sendiri dimulai dari taman Kota dengan mengelilingi Kota Solok dan finish di lapangan merdeka. (*)