Tanah Datar Fokus Kembangkan Nagari Mandiri Pangan

id pangan

Tanah Datar Fokus Kembangkan Nagari Mandiri Pangan

Petani menanam padi di Jorong Lambah, Nagari Sianok Anam Suku, Agam, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, fokus mengembangkan dan membina dua nagari (desa adat) yang masuk kategori program Nagari Mandiri Pangan.

"Kegiatan pengembangan dan pembinaan Nagari Mandiri Pangan merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan dan kerawanan pangan masyarakat di daerah itu," kata Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Imran di Batuangkar, Jumat.

Ia menyebutkan di Tanah Datar terdapat dua nagari kategori mandiri pangan yakni Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang dan Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan.

Imran menjelaskan di dua nagari itu dilakukan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, peran dan fungsi kelembagaan masyarakat, serta memotivasi untuk memanfaatkan lahan yang menjadi sumber pangan dan gizi.

"Pemerintah daerah terus memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan terlantar pekarangan atau lahan yang belum diolah sebagai sumber gizi keluarga dan peningkatan pendapatan keluarga serta peningkatan akses pangan," katanya.

Imran mengharapkan masyarakat dapat mengelola dan mengembangkan bantuan yang diberikan berupa bibit ikan dan tanaman buah sehingga ke depan tersedia bahan pangan untuk konsumsi keluarga dan masyarakat.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar, Yulfiardi mengatakan pihaknya melakukan kegiatan yang lebih operasional sehingga nagari yang rentan pangan dan gizi dapat dibangun dengan bersinergi, komprehensif dan terpadu.

"Pemberdayaan yang dilakukan dengan membangun ekonomi berbasis komoditi lokal untuk menyediakan lapangan kerja dan pendapatan, memenuhi pangan bagi kelompok masyarakat miskin melalui pembinaan oleh berbagai pemangku kepentngan yang akan dilaksanakan secara terpadu," katanya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi mengharapkan masyarakat dapat memelihara kolam ikan dengan baik, sehingga hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan memakan ikan akan memenuhi kebutuhan gizi dibandingkan makanan lain dalam memenuhi kebutuhan protein, menguatkan tulang dan lainnya," katanya. (*)