Donor Darah, Aksi Sosial Perayaan Kemerdekaan RI

id Aksi Donor Darah Sijunjung

Donor Darah, Aksi Sosial Perayaan Kemerdekaan RI

Aksi donor darah (c)

Muaro (antarasumbar) Rumah Sakit Sijunjung sudah mempunyai satu buah mobil unit transfusi darah, sehingga pada 17 Agustus 2017 bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia mobil unit tersebut beroperasional di depan Lapangan M.Yamin Muaro Sijunjung.

Aksi itu, guna menunggu masyarakat Umum, ASN, Polri, dan TNI untuk mengikuti kegiatan donor darah, Kamis.

Aksi sosial itu, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit Sijunjung akan kebutuhan darah yang pada dasarnya kondisi ideal sebuah Rumah Sakit harus memiliki 388 kantong darah per bulan standbye.

Namun kondisi aktualnya Rumah Sakit Sijunjung belum mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga saat ini masih mengharapkan bantuan dari PMI Solok dan UTD RS Solok.

Kegiatan donor darah tersebut hanya dilaksanakan selama satu hari dimana pendonor bisa mendonorkan darahnya hingga pukul 16.00 Wib di depan Lapangan M.Yamin.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana promosi dan sosialisasi bahwa UTD RS Sijunjung sudah mempunyai 1 unit mobil transfusi darah sehingga kita bisa mengadakan kegiatan donor darah kapan dan dimana saja, kata Kepala Instalasi UTDRS Dr.Romi Petrian Dinata.

Ke depan, kata dia, pihaknya berharap atas persetujuan dan dukungan bupati dan Wabup serta seluruh OPD, yang bekerjasama dengan PMI Cabang Sijunjung, guna kegiatan donor darah.

"KIta program donor darah secara berkala, sebagaimana yang telah dilakukan dengan TNI, Polri dan beberapa sekolah di Kabupaten Sijunjung," ungkap Romi.

Mudah-mudahan apa yang diperbuat memberikan manfaat bagi saudara-saudara dan masyarakat yang membutuhkan dan menjadi amalan bagi yang mendonorkan darahnya.

"Harapan kami semoga kegiatan ini bisa menjadi berkah untuk mereka yang membutuhkan. Selain itu kami juga berharap bisa menambah stok darah serta mengkampanyekan hidup sehat melalui donor darah secara teratur," tambah dia.*