Isi Kemerdekaan dengan Meningkatkan SDM, Kata Mukhlis Rahman

id Mukhlis Rahman

Isi Kemerdekaan dengan Meningkatkan SDM, Kata Mukhlis Rahman

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman.

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, mengajak masyarakat di daerah itu agar meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mengisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

"Masyarakat tidak perlu lagi berperang melawan penjajah menggunakan bambu runcing, namun wajib mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kemampuan diri," kata dia, di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tersebut, maka cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia dapat dinikmati semua pihak.

"Kita bangun Indonesia yang memiliki SDM mampu bersaing dengan negara lain untuk mencapai masyarakat yang sejahtera dan makmur," katanya.

Oleh karena itu, ujarnya peran pemuda dan masyarakat pada umumnya sangat besar dalam hal tersebut. Karena pemerintah saja tidak akan cukup dalam mengisi kemerdekaan.

Dengan demikian, ujarnya perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi akan terasa berarti.

Sebagai bentuk upaya peningkatan SDM, katanya pemerintah daerah terus berupaya dengan mengadakan beberapa peningkatan mutu di berbagai bidang.

Salah satunya peningkatan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Pelatihan tersebut ujarnya, ditujukan agar para generasi muda khususnya pencari kerja memiliki kemampuan khusus dan diakui kualifikasi kemampuannya.

Sementara itu Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Pariaman Khaidir As mengatakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia harus diisi dan dimaknai sebaik mungkin.

"Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengisi kemerdekaan bangsa, salah satunya membangun karakter pemuda yang nasionalis," kata dia. (*)