Padang Komitmen Perkuat Toleransi Pada Momen HUT-RI

id Mahyeldi Ansharullah

Padang Komitmen Perkuat Toleransi Pada Momen HUT-RI

Mahyeldi Ansharullah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen memperkuat toleransi antar umat beragama dan budaya pada momen peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

"Toleransi dapat menjaga keutuhan negara dan menjaga perdamaian antar masyarakat maupun umat beragama," kata Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah usai pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan setelah para pahlawan berhasil memerdekakan Indonesia, maka sekarang untuk mempertahankannya dengan salah satunya menjaga toleransi tersebut.

Merdeka itu, ujarnya tidak hanya sebatas mengibarkan bendera merah putih, namun juga dimaknai dengan kesejahteraan dan kerukunan masyarakat dan umat beragama.

Toleransi tersebut jelas dia dapat tercipta di antara perbedaan suku, ras dan agama. "Indonesia dan khususnya Kota Padang tidak membeda-bedakan suku dan budaya namum menjadikannya sebagai kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan," lanjutnya.

Menurutnya saat ini, masyarakat Kota Padang sudah paham apa itu toleransi yang terbukti jarangnya konflik yang terjadi antar umat beragama.

"Kita patut bangga, masyarakat Kota Padang jarang terlibat konflik yang melunturkan arti toleransi dan persatuan serta kesatuan," tambahnya.

Terlebih di Padang saat ini telah beragam budaya yang masuk mulai dari India, Cina, Arab, Sunda, Nias dan Jawa telah berkembang ,hal ini akan terus dipertahankan menjadi suatu khasanah keindahan.

Mahyeldi juga mengimbau masyarakat agar dapat memeriahkan peringatan hari kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat dan dapat menjadi semangat baru dalam menjalani kehidupan.

Sementara salah seorang masyarakat yang berdomisili di Kota Padang, Yulia Gustina mengatakan peringatan hari kemerdekaan yang ke-72 ini akan diisi dengan kegiatan lomba-lomba di lingkungan tempat tinggalnya.

"Lomba yang melibatkan banyak orang seperti tarik tambang akan meningkatkan rasa kebersamaan," kata guru bimbingan belajar itu. (*)