Kopertis-X : Momen Kemerdekaan Sebagai Peningkatan Kinerja Dikti

id Herri

Kopertis-X : Momen Kemerdekaan Sebagai Peningkatan Kinerja Dikti

Pengibaran Sangsaka Merah Putih dalam Upacara HUT RI ke-72 di Kantor Kopertis X, Kamis. Koordinator Kopertis Prof Herri selaku pembina upacara menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas kinerja pendidikan tinggi. (ANTARA SUMBAR/DENI).

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Prof Dr Herri mengatakan momen Kemerdekaan RI yang ke-72 menjadi peningkatan kinerja masyarakat di lingkungan pendidikan tinggi (Dikti).

"Bekerja dan belajar menjadi kewajiban semua pegawai, dosen dan mahasiswa sebagai bentuk partisipasi membangun bangsa," ujarnya usai menjadi pembina upacara HUT RI ke 72 di kantor Kopertis X di Padang, Kamis.

Ruang lingkup kinerja ini, sebut dia dalam hal penguatan pelayanan publik bagi pegawai.

Pegawai Kopertis maupun yang ada di kampus harus menegakkan integritas, anti korupsi, dan selalu menunjukkan keprofesionalannya.

Sedangkan untuk dosen katanya, bersama memperkuat kewajiban fundamental yakni mengajar, meneliti dan mengabdi kepada masyarakat.

Khusus meneliti sebut dia saat ini menjadi fokus Kemenristekdikti, untuk itu peningkatan intensitasnya perlu dilakukan.

Diharapkan, ujarnya dosen terus memperkuat kemampuan dan kreativitas penelitian dan menulisnya serta menambah jumlah jurnal.

Muaranya, tambahnya menghasilkan suatu sistem, model dan aplikasi yang bermanfaat.

"Tetap saja kewajiban pendidikan dan pengabdian tidak boleh dilupakan," kata dia.

Sedangkan untuk mahasiswa, lanjut Herri momen Kemerdekaan menjadi langkah awal menyiapkan diri pada era persaingan global.

Baik itu, terangnya dalam hal prestasi kuliah dan ekstrakurikuler maupun persiapan untuk daya saing menghadapi kompetisi kerja.

Di samping itu mahasiswa harus lebih meningkatkan partisipasi menjadi duta ilmu di tengah masyarakat.

"Imbauan Menristekdikti harus segera disikapi oleh kampus," katanya.

Sementara itu dalam upacara Kamis, hadir perwakilan dosen dan pimpinan dari kampus swasta yang berada di empat provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Usai upacara dilakukan kegiatan silaturahmi antara pimpinan Kopertis X dengan unsur perwakilan kampus di empat provinsi tersebut. (*)