Yuk, Ikut Lomba Foto Pawai Kemerdekaan di Padang

id lombafotohutridisumbar

Yuk, Ikut Lomba Foto Pawai Kemerdekaan di Padang

Lomba Foto HUT RI di Sumbar (Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 RI oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Padang akan diramaikan dengan lomba foto yang terbuka untuk umum.

"Tidak kita batasi pesertanya. Tetapi objek foto harus atraksi pawai kemerdekaan di Padang pada 18 Agustus 2017," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Effendi di Padang, Kamis.

Pawai tersebut akan digelar sekitar pukul 15.30 WIB mulai dari GOR H. Agussalim - Jalan Bagindo Azizchan dan berakhir di lapangan Imam Bonjol.

Sementara panggung kehormatan diposisikan di depan kantor gubernur Sumbar.

Peserta menurut Taufik, boleh menggunakan kamera DSLR, kamera digital ataupun kamera telepon seluler kemudian membagikan hasil foto tersebut pada laman facebook PWI Provinsi Sumbar dan Instagram pawaikemerdekaan.

Masing-masing peserta boleh mengirimkan tiga buah foto dengan mencantumkan judul dan nama peserta sesuai KTP, dengan catatan foto tidak boleh diedit dengan program apapun.

Paling lambat pengiriman foto 19 Agustus 2017 pukul 21.00 WIB.

"Kita menggandeng PWI Sumbar untuk melakukan penilaian terhadap foto yang masuk. Hasil foto pemenang diumumkan di laman facebook PWI pada 27 Agustus 2017," kata dia.

Penyerahan hadiah dilakukan sehari setelahnya di Taman Budaya Sumbar.

Taufik mengharapkan lomba foto tersebut lebih memotivasi masyarakat untuk menyaksikan pawai kemerdekaan di Sumbar.

Apalagi menurutnya, tahun ini tema atraksi pawai lebih dikerucutkan, bukan hanya kemerdekaan, tetapi juga berkaitan dengan Minangkabau.

"Atraksi budaya Minang akan banyak ditampilkan dalam pawai kali ini," katanya.

Lomba foto tersebut disambut baik masyarakat Sumbar. Noli (31) salah seorang fotografer di Padang mengatakan kegiatan itu selain lebih menyemarakkan, juga merupakan apresiasi terhadap pecinta hobi fotografi di daerah itu.

"Seharusnya kegiatan pemerintahan yang lain juga seperti ini," kata dia.*