Puan: Presiden Optimistis Distribusikan Kartu Kesejahteraan

id Puan Maharani

Puan: Presiden Optimistis Distribusikan Kartu Kesejahteraan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan Presiden Joko Widodo menebar optimisme dalam mendistribusikan kartu-kartu kesejahteraan seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sejahtera.

"Kami optimistis insya Allah bahwa semuanya itu semakin lama dari tahun ke tahun akan semakin bermanfaat buat rakyat, tepat sasaran," kata Puan menanggapi Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo di area Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Dia mengakui distribusi kartu kesejahteraan hingga tahun ketiga mengalami kendala yaitu belum tersebar dengan baik sebagaimana disampaikan dalam pidato Jokowi di hadapan hadirin Gedung Parlemen.

Akan tetapi, katanya pemerintah terus meningkatkan dan berusaha mendistribusikan semua kartu yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial walaupun masih banyak kendala.

Terkait keakuratan distribusi kartu kesejahteraan, Puan mengatakan ke depannya kartu tersebut akan menggunakan sistem penyaluran nontunai.

Dengan pola bukan tunai, kata dia, bantuan menjadi tepat sasaran dan langsung diterima oleh yang berhak.

"Jadi semakin ke depan, kami berharap bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus meningkat, kemiskinan akan menurun dan tentu saja kesejahteraan rakyat berdasarkan dengan pemerataan kesejahteraan sosial itu memang bisa terlaksana," katanya. (*)