Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Padang Sosialisasikan Empat Pilar di 70 Masjid

Mursalim. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan serentak di 70 masjid atau mushalla tersebar di 11 kecamatan setempat, Rabu (16/8).

"Ketujuh puluh masjid ini masing-masing akan dikunjungi unsur pimpinan daerah di sini guna memaparkan tentang UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang Mursalim Nafis, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB hingga usai saat Shalat Isya berjamaah dan dilakukan secara serentak.

Beberapa masjid yang akan menyelenggarakan seperti Masjid Muhajirin di Kecamatan Kuranji, Al Kautsar di Lubuk Kilangan, Nurul Huda di Koto Tangah.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini, kata dia, sebagai langkah meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI.

Menurutnya dengan dipaparkan tentang empat pilar tersebut, masyarakat dapat memahami komponen dalam kebangsaan dan kenegaraan.

"Untuk mengingat kembali detik-detik menjelang proklamasi diumumkan pada 17 Agustus 1945," sebut dia.

Dengan begitu nilai-nilai kemerdekaan serta persatuan dan kesatuan untuk merebutnya lebih terasa.

"Dilaksanakan di masjid sekaligus juga memperkuat keimanan dan ketakwaan sebagai pondasi kuat nasionalisme," ujarnya.

Artinya, kata Mursalim, pemerintah ingin menunjukkan bahwa masyarakat Padang dapat memunculkan rasa nasionalisme terhadap negara di era modern saat ini.

Dia berharap warga Padang dapat meramaikan kegiatan ini di masjid dekat tempat tinggal masing-masing.

Sebab selain mengikuti sosialisasi empat pilar, ada juga salat berjamaah dan penyampaian dakwah.

"Ini inisiatif pemkot guna menyelaraskan nasionalisme dengan kedekatan pada Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga