Keren, Jokowi dan JK Bertukar "Baju" di Sidang Tahunan MPR

id sidang tahunan MPR

Keren, Jokowi dan JK Bertukar "Baju" di Sidang Tahunan MPR

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla bertukar busana asal daerah dikenakan pada sidang MPR. (cc)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Wah. Kaget. Itulah ekspresi sebagian besar anggota MPR dan tamu undangan maupun wartawan yang meliput sidang paripurna MPR di Kompleks DPR/MPR/DPD di Jakarta, Senin dengan agenda pidato Presiden Joko Widodo menyambut peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia ke 72.

Ya..sejarah baru telah menuliskan untuk pertama kalinya.

Bukan soal tempat, bukan soal urutan acara. Tapi soal busana yang dikenalkan Presiden Joko Widodo dan Wapres M Jusuf Kalla.

"Tadi Pak Presiden Joko Widodo yang pakai busana Bugis Makasar kayaknya Kraaeng yang paling hebat di sini. Dan pak Wapres Jusuf Kalla dengan busana adat Jawa (Solo). Orang Jawa yag jalannya paling pas yaa pak JK," kata Ketua MPR Zukifli Hasan saat membuka sidang.

Tampilan Presiden Joko Widodo yabg mengenakan busana daerah seakan menyentak untuk mengingatkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai adat istiadat maupun budaya.

Ketua MPR Zukifli terlihat beberapa kali tersenyum melihat suasana yang berbeda.

Saat duduk dalam kursi utama Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla terlihat keduanya saling tersenyum.

Presiden Joko Widodo dengan songkok Recca alias puce khas Bugis Makasar dengan warna emasnya terlihat berbeda. Begitu pula Wapres M Jusuf Kalla yang mengenakan 'blangkon" gaya Solo menjadi sebuah oase tersendiri.

Paduan busana adat khas dua daerah Sulawesi Selatan (Bugis Makasar) dan Jawa Tengah (Solo) menjadi sangat kontras dengan pakaian jas para anggora MPR yang hadir.

Mungkin, Presiden Jokowi dan Wapres M Jusuf Kalla ingin menunjukkan betapa kayanya beradaban busana adat negeri ini.

Baik gaya Bugis Makasar maupun gaya Jawa Solo-nya, itulah Indonesia. Itulah Bhinneka Tunggal Ika. (*)