Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Gubernur: Dukung Seribu Rumah Gadang di API

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno foto bersama dengan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Rumah Gadang Gajah Maram kawasan Seribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Selasa (15/8/). (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)
Padang Aro, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak masyarakat di provinsi itu untuk mendukung kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

"Kita bersam-sama akan mendukung kawasan Seribu Rumah Gadang pada ajang API dengan cara ketik API spasi 11J kirim ke 99386," kata dia saat mengunjungi kawasan Seribu Rumah Gadang, di Koto Baru Muaralabuh daerah setempat, Selasa.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempopulerkan kawasan Seribu Rumah Gadang sebagai desa adat terpopuler di Indonesia.

Rombongan Gubernur sampai di kawasan Seribu Rumah Gadang sekitar pukul 10.30 WIB disambut dengan tari gelombang.

Selanjutnya Gubernur didampingi Bubati Solok Selatan Muzni Zakaria dan Wakil Bupati Abdul Rahman mengunjungi home stay Rumah Gadang yang diiringi dengan musik tradisional talempong, gandang serta pupuim sarunai.

Rombongan Gubernur juga diajak melihat surau menara yang terletak di dalam kawasan Seribu Rumah Gadang dan diteruskan ke Rumah Gadang Gajah Maram yang menjadi lokasi shooting beberapa judul film seperti Di Bawah Lindungan Kabah.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, saat ini kawasan Seribu Rumah Gadang mendapatkan Vote tertinggi dari 11 nominator.

"Waktu untuk mengirim SMS masih panjang dan ditutup pada 31 Oktober 2017 dan bisa saja Seribu Rumah Gadang disalip yang lain kalau kita tidak terus mendukungnya," ujarnya.

Saat ini Solok Selatan mendapat vote 33 persen dan di bawahnya Kete Tesu Kabupaten Toraja Utara yang mendapat 20 persen.

"Jaraknya saat ini 13 persen tetapi itu belum menjamin karena masa waktu vote masih panjang," kata dia.

Usai mengunjungi kawasan Seribu Rumah Gadang Gubernur Irwan langsung ke proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dan Goa Batu Kapal di Kecamatan Sangir Balai Janggo. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga