SMPN 5 Padang Terima Penghargaan Sekolah Keren Kemendikbud

id sekolahkeren

SMPN 5 Padang Terima Penghargaan Sekolah Keren Kemendikbud

Kepala Sekolah dan guru SMP N 5 Padang memperlihatkan piagam sekolah keren dari Kemendikbud

Padang, (Antara Sumbar) - SMP Negeri 5 Padang terpilih sebagai penerima penghargaan sekolah keren dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari 150 sekolah yang diseleksi di seluruh Indonesia.

"Saat pengajuan kami mengusung tema sekolah keren tanpa rokok, alhamdulillah ternyata terpilih," kata Kepala SMP Negeri 5 Padang Junaidi di Padang, Senin.

Menurutnya dalam mengusung program sekolah keren tanpa rokok ia melibatkan tiga elemen sekolah yaitu siswa, wali kelas dan seluruh masyarakat.

Ia menyampaikan pihaknya telah melakukan pelatihan kepada siswa tentang implementasi Permendikbud no 64 tentang kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

" Kami juga menggelar kampanye tolak jadi target industri rokok," ujarnya.

Kemudian SMPN 5 Padang juga menjalin kerja sama dengan masyarakat dalam hal ini lembaga swadaya masyarakat Ruandu Foundation untuk mewujudkan sekolah sebagai kawasan tanpa rokok.

Ia merencanakan ke depan akan membuat kampanye foto keluarga dengan tema keluarga sehat tanpa rokok yang ditayangkan di media khusus dan akan dipilih foto terbaik diakhir semester.

Sementara Manajer Program LSM Ruandu Foundation Wanda Leksmana mengatakan SMP 5 merupakan salah satu dari 30 sekolah di Padang yang melaksanakan program kawasan tanpa rokok.

" Sekolah keren tanpa rokok merupakan upaya mewujudkan sekolah ramah anak," katanya.