Legislator Dorong Lantamal Perkuat Pengamanan Laut Sumbar

id Hendra Irwan Rahim

Legislator Dorong Lantamal Perkuat Pengamanan Laut Sumbar

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim bersama Danlantamal II Teluk Bayur yang baru dilantik Letkol (P) Agus Sulaeman, di Padang, Senin (14/8). Letkol (P) Agus menggantikan Laksamana Pertama Rudwin Thaib yang bertugas di Mabes AL di Jakarta. (Antara Sumbar/Mario S Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim mendorong Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) untuk terus memperkuat keamanan di wilayah perairan laut provinsi itu.

"Kami berharap wilayah perairan kita tetap aman terutama dari peredaran narkotika yang masuk melalui jalur laut," kata dia saat menerima kunjungan Danlantamal II Teluk Bayur yang baru dilantik Kolonel (P) Agus Sulaeman di Padang, Senin.

Menurut dia Lantamal sangat berperan dalam menjaga stabilitas keamanan laut terutama dari tindakan melawan hukum yang dilakukan di wilayah laut seperti penyeludupan Warga Negara Asing, narkotika dan barang berbahaya lainnya.

"Meskipun pendatang ilegal dari luar negeri masih rendah namun kita berharap pengawasan harus tetap ditingkatkan," katanya.

Selain itu, ia meminta agar Lantamal selalu melakukan koordinasi dengan lintas sektor untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi di Sumbar," kata Hendra.

Ia mengatakan sebagai Danlantamal yang baru Kolonel (P) Agus Sulaiman perlu mengetahui kondisi kemaritiman Sumatera Barat secara utuh agar dapat mengetahui potensi ancaman yang berpengaruh buruk terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Pemberantasan narkoba merupakan sebuah komitmen yang harus dilaksanakan karena peredaran narkoba semakin mengkhawatirkan dan mengancam kehidupan generasi bangsa," kata dia.

Sementara Danlantamal II Teluk Bayur Padang, Kolonel (P) Agus Sulaeman mengatakan pihaknya mewaspadai masuknya pendatang ilegal ke Sumbar dari jalur laut sehingga koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan guna memantau keberadaannya

Ia mengatakan wilayah laut Sumatera Barat selama ini relatif aman dan selalu dalam suasana kondusif. Namun dirinya terus melakukan pengawasan ketat terutama ancaman peredaran narkoba yang dibawa oleh pedatang ilegal melalui jalur laut.

Menurut dia saat ini peredaran narkoba sudah masuk ke berbagai elemen masyarakat sehingga harus ada komitmen bersama untuk memberantasnya.

"Mari jadikan narkoba sebagai musuh bersama karena sudah banyak generasi muda kita menjadi korban dari pengaruh barang haram itu," katanya.

Danlantamal II Teluk Bayur Padang Kolonel (P) Agus Sulaeman menggantikan Laksamana Pertama Rudwin Thaib yang bertugas di Staf Khusus di Markas Besar Angkatan laut (Mabes AL) di Jakarta.

Kolonel (P) Agus Sulaeman resmi menjabat Danlantamal II Teluk Bayur pada 10 Agustus 2017, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Pusat Kajian Maritim (Kapusjianmar) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal). (*)