Jembatan Korong Kampung Sebelah Padangpariaman Ambruk

id Jembatan Sikabu

Jembatan Korong Kampung Sebelah Padangpariaman Ambruk

Jembatan di Korong Kampung Sebelah menghubungkan Nagari Sikabu dengan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, ambruk bersama kendaraan yang melintas di atasnya, Senin (14/8). (cc)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Sebuah jembatan di Korong Kampung Sebelah yang menghubungkan Nagari Sikabu dengan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat ambruk bersama kendaraan yang melintas di atasnya.

"Korban yang ikut jatuh bersama kendaraannya berhasil diselamatkan, dan telah dibawa ke Puskesmas terdekat," kata Kepala Pelaksana BPBD Padangpariaman, Amirudin di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan saat ini petugas sedang berupaya membantu para korban yang masih berada di jembatan yang runtuh itu.

Menurut keterangan warga setempat Maineza Ade, jembatan yang terdiri dari lima rangkaian tersebut putus pada rangkaian ke dua sekitar pukul 15.30 WI.

Akibatnya satu unit truk bermuatan pasir yang datang dari arah Sikabu menuju Nagari Lubuk Alung ikut jatuh bersama ambruknya jembatan dengan ketinggian sekitar tujuh meter.

Sedangkan satu unit minibus yang sebelumnya berada persis di belakang truk nyaris jatuh ke sungai.

"Diperkirakan jembatan tidak kuat menahan beban kendaraan bermuatan pasir yang melintas setiap hari apalagi usia jembatan sudah tua, katanya.

Putusnya jembatan yang menghubungkan Sikabu dengan Lubuk Alung itu membuat kemacetan hingga mencapai 1 kilometer.

Warga yang ingin menyeberang dari Sikabu menuju Lubuk Alung atau sebaliknya harus memutar jauh melewati jembatan Koto Buruk, Nagari Lubuk Alung. (*)