Menkes Beri Penghargaan 258 Tenaga Kesehatan Teladan

id Nila Moeloek

Menkes Beri Penghargaan 258 Tenaga Kesehatan Teladan

Menkes, Nila F Moeloek. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberi penghargaan kepada 258 tenaga kesehatan Puskesmas teladan dari seluruh Indonesia berkat prestasi dan dedikasinya dalam mekaksanakan tugas memberikan pekayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Saya mengapresiasi Tenaga Kesehatan Teladan yang hadir disini sebagai wakiI tenaga kesehatan di Puskesmas yang telah memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat dengan hati nurani, tulus ikhIas, dan penuh rasa tanggung jawab," kata Nila kepada para tenaga kesehatan teladan di Jakarta, Senin.

Menkes mengakui geografis negara Indonesia yang berbeda-beda pada setiap daerah dengan daerah lain menjadi tantangan bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan.

Selain itu, keterbatasan anggaran dalam pengadaan sarana prasarana fasilitas kesehatan menjadikan pemberian alat-alat kesehatan diprioritaskan pada Puskesmas terlebih dulu.

Namun Nila mengajak para tenaga kesehatan untuk mengubah pola pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif atau penyembuhan menjadi promotif dan preventif.

Nila meminta tenaga kesehatan puskesmas proaktif mendatangi masyarakat untuk mengidentifikasi penyebab penyakit dari lingkungan tempat tinggal dan menyadarkan untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Dengan pendekatan ini, puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya dan mengintegrasikan UKP dan UKM secara berkesinambungan," ujar Menkes.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pendekatan keluarga merupakan salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. (*)