Pesisir Selatan Revitalisasi 112 Koperasi Non Aktif

id Koperasi

Pesisir Selatan Revitalisasi 112 Koperasi Non Aktif

Koperasi.

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), berupaya merevitalisasi 112 koperasi non aktif dari 334 koperasi di daerah itu.

"Dengan revitalisasi kami berharap koperasi non aktif bisa kembali eksis sehingga membawa kemakmuran bagi anggotanya," kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Heri di Painan, Senin.

Ia menambahkan revitalisasi dilakukan dengan kembali membentuk kepengurusan, badan pengawas dan juga anggota.

"Kami telah mengadakan rapat dengan beberapa kepengurusan koperasi non aktif, tanggapan mereka beragam dari yang antusias untuk kembali menghidupkan koperasi sampai ada yang menanggapi secara dingin," ujarnya.

Ia menyebutkan rata-rata koperasi non aktif tersebut merupakan koperasi usaha tani dan ditargetkan kembali aktif menjelang akhir tahun 2017.

Revitalisasi sengaja dilakukan karena sewaktu koperasi tersebut aktif pernah mendapat kucuran bantuan dari APBN, sehingga jika kembali aktif kucuran bantuan bisa kembali digulirkan.

Namun, pihaknya mengaku tidak mengetahui jumlah rupiah yang dikucurkan ke masing -masing koperasi karena koperasi langsung berhubungan dengan perbankan dalam pencairan anggaran itu.

Hal tersebut berbeda jika tidak mendapat kucuran bantuan maka secara otomatis akan dibubarkan.

"Pada 2012 kami membubarkan 71 koperasi karena non aktif selain itu juga tidak pernah mendapat kucuran bantuan dari APBN," ujarnya. (*)