Sasar Seluruh Balita, Dinkes Agam Datangi Rumah Warga Beri Vitamin A

id Vitamin A

Sasar Seluruh Balita, Dinkes Agam Datangi Rumah Warga Beri Vitamin A

Imunisasi.

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan vitamin A dengan mendatangi rumah warga yang memiliki bayi dan balita yang tidak datang ke Posyandu.

"Kami menurunkan petugas Posyandu untuk mendatangi rumah warga yang memiliki bayi dan balita. Sesampai di rumah warga itu, petugas langsung meminumkan suplemen vitamin A kepada sasaran," kata Kepala Dinkes Agam, Indra Rusli didampingi Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Muhammad Iswan di Lubukbasung, Senin.

Selain menurunkan petugas, tambahnya Dinkes Agam juga telah melakukan sosialisasi kepada warga agar membawa anak mereka ke Puskesmas, Pustu dan Posyandu.

"Sosialisasi itu dilakukan melalui spanduk dan telah dipasang di setiap puskesmas dan pustu," ujarnya.

Dengan cara ini, maka seluruh bayi dan balita mendapatkan vitamin A.

Ia menerangkan pada Agustus 2017 jumlah sasaran bayi umur enam sampai 11 bulan sebanyak 4.031 orang dan balita sebanyak 29.605 orang.

Jumlah sasaran ini sesuai dengan pendataan bayi dan balita yang telah dilakukan pada Juli 2017.

Setelah itu, data tersebut diajukan ke Dinas Kesehatan yang akan mendapatkan suplemen vitamin A.

"Pemberian suplemen vitamin A dilakukan sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Saat ini 859 unit Posyandu sudah mulai membagikan vitamin A kepada bayi dan balita," jelasnya.

Ia menambahkan pada Februari 2017 sebanyak 33.560 orang mendapatkan vitamin A dari sasaran 33.636 orang atau sekitar 99,07 persen.

Sedangkan 76 bayi dan balita yang tidak mendapatkan vitamin A itu akibat tidak ada di rumah dan sudah pindah ke daerah lain.

Pemberian vitamin A pada bayi dan balita dapat mencegah kebutaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin A juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari infeksi penyakit.

Kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak, terutama anak-anak dengan usia yang masih rentan seperti 6-11 bulan dan 12-59 bulan.

Anggota DPRD Agam, Fauzi memberikan apresiasi kepada Dinkes yang telah melakukan terobosan dalam pemberian vitamin A.

Dengan cara itu, maka seluruh bayi dan balita mendapatkan vitamin A, sehingga generasi di daerah itu terhindar dari kebutaan dan penyakit lain.

"Kami sangat mendukung terobosan itu dalam meminimalisasi kebutaan dan penyakit lainnya kepada generasi penerus di daerah itu," katanya. (*)