Pertahankan Piala Adipura, Walikota: Masyarakat Berperan Penting Jaga Kebersihan Kota

id Mahyeldi Ansharullah

Pertahankan Piala Adipura, Walikota: Masyarakat Berperan Penting Jaga Kebersihan Kota

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan kota dengan menjaga kebersihan lingkungan.

"Piala Adipura yang didapatkan oleh kota itu bukanlah tujuan akhir namun sebuah awal agar kita dapat menjaga kebersihan secara bersama-sama," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan dirinya telah melantik 14 ribu relawan kebersihan yang merupakan Aparatur Silpil Negara(ASN) Kota Padang. Mereka bertugas untuk memperhatikan sampah yang ada di sekitar mereka.

"Apabila ada sampah mereka harus mengambil dan membersihkan. Selain itu seluruh kantor pemerintahan di kota ini harus bersih dari sampah," katanya.

Kemudian dirinya juga mengajak jamaah masjid dan mushala agar membiasakan lokasi pengajian mereka bersih dari sampah, baik sebelum acara dimulai maupun selepas acara.

"Kita juga akan menggerakkan satu hari dalam satu minggu untuk melakukan kegiatan bersih-bersih baik di kantor, rumah maupun bangunan yang ada di kota ini," ujar dia.

Apabila hal ini dapat berjalan maka kota ini akan tetap bersih karena masyarakat lebih berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka, ujarnya.

"Jika mereka melihat sampah yang tercecer mereka langsung membersihkan atau membuangnya ke tempat sampah yang ada," kata dia.

Selain itu Kota Padang telah memilik Perda No 21 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah, dalam aturan tersebut dicantumkan ancaman bagi orang yang membuang sampah sembarangan yakni akan dipidana berupa tindak pidana ringan. Pelaku akan diancam membayar denda sebesar Rp5 juta atau kurungan selama tiga bulan.

"Perda ini tetap berjalan hingga saat ini, banyak kasus tipiring sampah ini yang telah disidangkan," kata dia.

Dalam menjaga kebersihan kota, pemerintah baru saja mendapatkan mobil pembersih sampah khusus jalan raya. Mobil itu merupakan bantuan dari salah satu BUMN untuk mejaga kebersihan kota.

"Sedangkan petugas yang selama ini bertugas membersihkan jalan raya akan melakukan pembersihan ke lokasi yang lebih dalam seperti pemukiman warga sehingga wilayah yang dibersihkan menjadi lebih luas," katanya. (*)