Gempa 6,6 SR Guncang Kota Bengkulu

id Gempa

Gempa 6,6 SR Guncang Kota Bengkulu

ilustrasi gempa bumi. (ANTARA News/Ridwan Triatmodj)

Bengkulu, (Antara Sumbar) - Gempa bumi berkekuatan 6,6 pada Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bengkulu dan sekitarnya pada Minggu, pukul 10.08 WIB, dan menyebabkan masyarakat berhamburan keluar rumah.

Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di laut, sekitar 71 kilometer barat daya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Kedalaman hanya 10 kilometer di dasar laut. Kalau dari skala ini berpotensi tsunami tapi kami masih menunggu arahan pusat," kata Kepala Seksi dan Data BMKG Provinsi Bengkulu Sudiyanto di Bengkulu.

Gempa berlokasi 3.75 Lintang Selatan ,101.56 Bujur Timur itu dirasakan cukup kuat oleh warga Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Guncangan gempa dirasakan kurang dari satu menit dengan pola guncangan awal vertikal lalu horizontal atau mengayun, membuat warga masyarakat berhamburan keluar rumah.

"Sangat kuat guncangannya, kami teringat gempa 2007," kata Ardiansyah, warga Kelurahan Timur Indah, Kota Bengkulu.

Namun, setelah guncangan gempa mereda, warga kembali ke rumah masing-masing dan aktivitas masyarakat kembali normal.

Gempa dengan kekuatan 7,3 SR mengguncang Bengkulu pada 2000 dan gempa 7,9 SR kembali mengguncang pada 2007.

Tumbukan dua lempeng aktif Indoaustralia dan Eurasia menjadi pemicu gempa berpusat di laut kerap melanda wilayah ini dan pesisir pantai barat Sumatera lain. (*)