Pemkab Pasaman Barat Ajak Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

id Syahiran

Pemkab Pasaman Barat Ajak Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

Bupati Pasaman Barat Syahiran. (Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengimbau masyarakat setempat agar memasang bendera merah putih di halaman rumah sebagai bentuk rasa nasionalisme menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 pada 17 Agustus 2017.

"Kita mengajak masyarakat memasang bendera di halaman rumah. Kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga memasang umbul-umbul, bendera serta marawa di kantor. Kita akan membuat HUT RI ke- 72 ini semeriah mungkin," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan semarak HUT RI di Pasaman Barat akan diserta dengan berbagai lomba. Diantaranya pertandinhan sepak bola dan volly ball, lomba panjat pinang, lomba tarik tambang, lomba sandal panjang, lomba bulu, pembacaan puisi dan mengarang indah.

Selain itu ada lomba menyanyi lagu minang dan lomba menari ronggeng, lomba qasidah, lomba sepak takraw, lomba teknis eksekutif dan puncaknya pawai alegoris dan pawai pembangunan, pada Jumat (18/8).

"Penanggung jawab berbagai lomba ini berada di beberapa OPD yang berwenang, seperti pawai alegoris berada di Dinas Pendidikan," katanya.

Sedangkan pemasangan bendera dan umbul-umbul HUT RI di mulai dari 1-31 Agustus.

"Pesan ini sudah kita sampaikan kepada kepala OPD. Kemudian camat meneruskan ke walinagari dan akan memberitahukan kepada masyarakat yang ada di daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan inti dimulai dari upacara pengukuhan paskibraka pada 15 Agustus. Upacara mendengarkan pidato kenegaraan pada 16 Agustus.

Acara penyerahan remisi kepada narapidana pada 17 Agustus pagi. Upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus, serta ramah tamah Muspika, veteran, kepala OPD.

Selanjutnya upacara penurunan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus sorenya, dan ditutup dengan acara malam resepsi kenegaraan pada 17 Agustus malam.

"Kita harapkan masyarakat Pasaman Barat ikut memeriahkan HUT RI ke-72. Jika masih ada masyarakat yang belum memasang bendera, kita harapkan memasangnya. Ini sebagai ajang membangkitkan rasa persatuan kemerdekaan RI serta rasa nasionalisme," ujar Syahiran. (*)