Selasa, 22 Agustus 2017 - 30 Zulqaidah 1438 H

Sejumlah Ruas Jalan di Padang Tergenang Air

Ilustrasi - Seorang pengendara motor mendorong motornya saat melewati banjir setinggi lutut orang dewasa di daerah Arai Pinang, Kelurahan Batuang Taba, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah ruas jalan di Kota Padang tergenang air mencapai 30 centimeter akibat tingginya curah hujan di kota itu sejak siang hari.

Genangan itu terjadi di kawasan Pondok, Ranah, Simpang Haru dan Ganting sehingga membuat para pengendara sepeda motor enggan melintasi jalur tersebut.

"Baru beberapa jam hujan jalan sudah tergenang, sepertinya sistem drainase belum bekerja dengan baik," kata salah seorang warga Azhari saat ingin melintas di Jalan Simpang Haru, Jumat.

Menurut dia kondisi ini tentu akan mengganggu pengendara karena hujan belum berhenti, dan kemungkinan genangan air semakin tinggi dan membuat masyarakat tidak dapat melintas.

"Kemungkinan air itu tidak tertampung di riol dan drainase sehingga meluber ke jalan raya," kata dia.

Ia berharap agar pemerintah memberikan solusi agar kota dapat terhindar dari banjir ketika hujan dengan curah tinggi turun di kota itu.

"Harusnya ini menjadi perhatian bagi pemerintah kota agar mencarikan solusi karena mobilitas masyarakat akan terganggu karena genangan air ini," kata dia.

Pengendara lainnya Abdi Fathul mengatakan ia terpaksa memutar arah untuk mencari jalan yang tidak tergenang air agar kendaraannya tidak mogok di jalan.

"Kalau dipaksakan melewati jalan yang tergenang air, sepeda motor bisa mogok dan malah memperlambat sampai di tujuan.

Persoalan banjir ini sudah cukup lama, namun hingga sekarang belum ada solusi yang tuntas, sehingga setiap kali turun hujan dengan deras sejumlah jalan-jalan utama di Kota Padang akan tergenang air. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga