Legislator: Pokdarwis Pengerak Objek Wisata di Agam

id #Pariwisata Agam #DPRD Paripurn

Legislator: Pokdarwis Pengerak Objek Wisata di Agam

Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Agam, Feri Adrianto sedang serius mengikuti sidang. (c)

Lubukbasung - Anggota DPRD Agam, Anton mengatakan, keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berperan dalam pengerak dan mendorong untuk tumbuh kembangnya objek wisata di daerah itu.

"Pokdaewis ini merupakan sebuah lembaga yang berada ditengah-tengah masyarakat dan sebagai pengiat pariwisata di daerah itu," katanya saat menghadiri acara pengukuhan Pokdarwis Ranah Balingka Kecamatan Ampek Koto.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerintah agar selalu melakukan pembinaan kepada anggota dalam mengelola, pelayanan wisatawan dan lainnya.

Dengan cara ini, maka keberadaan Pokdarwis tersebut sangat memberikan peran dalam pengembangan objek wisata itu.

"Ini yang kita harapkan agar wisatawan merasa nyaman saat berada di ojek wisata itu, sehingga dapat meningkatkan pendapatan para pedagang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi menambahkan, pihaknya telah melakukan pembinaan kepada anggota Pokdarwis tentang cara pengembangan, melayani dan memberikan rasa aman bagi pengunjung di objek wisata itu.

Dalam pembinaan itu, Disparpora melibatkan pengerak pariwisata, para ahli dan lainnya.

"Ini telah kita lakukan ke 13 Pokdarwis yang telah terbentuk dengan harapan agar objek wisata tersebut berkembang dengan baik sehingga pengunjung meningkat dan dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Kedepan, tambahnya, pihaknya akan mendorong seluruh objek wisata di Agam membentuk Pokdarwis, karena masih ada sebanyak 115 objek wisata yang belum memiliki Pokdarwis. (*)