Baznas Agam Kumpulkan ZIS Rp4,7 Miliar pada Januari hingga Juli

id baznas

Baznas Agam Kumpulkan ZIS Rp4,7 Miliar pada Januari hingga Juli

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengumpulkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp4,7 miliar sepanjang Januari sampai Juli 2017.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, dana ZIS ini berasal dari aparatur sipil negara, pegawai swasta, masyarakat dan lainnya.

"Kita berharap realisasi dana ZIS ini mencapai Rp8,7 miliar menjelang Desember 2017, sesuai dengan target Baznas Agam," katanya.

Ia menambahkan, dana ZIS Rp4,7 miliar itu telah didistribusikan kepada mustahik atau orang berhak menerima sebesar Rp4,1 miliar.

Dana tersebut didistribusikan kepada mustakih semenjak Januari sampai Juli 2017, sesuai dengan permohonan yang mereka usulkan.

"Pendistribusian zakat itu dilakukan setiap bulan sesuai dengan program Baznas Agam seperti, Agam Makmur, Agam Cerdas, Agam Sehat, Agam Taqwa dan Agam Peduli," katanya.

Saat ini, tambahnya, Baznas Agam sedang menyebarkan 60 kotak infak ke kantor organisasi perangkat daerah (OPD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung dan toko di Kecamatan Lubukbasung.

Ke depan, kotak infak itu akan disebar di 16 kecamatan se-Kabupaten Agam.

"Dana infak ini akan digunakan untuk kegiatan sosial keagamaan bagi organisasi keagamaan, masyarakat dan lainnya," katanya.

Anggota DPRD Agam, Muhammad Abrar mendukung program penyebaran kotak infak yang dilakukan Baznas Agam, dalam menghimpun sumber ZIS.

Dengan cara ini maka target ZIS sebesar Rp8,7 miliar akan tercapai nantinya.

"Kita mendukung Baznas Agam melakukan terobosan untuk menghimpun ZIS, agar target tercapai," katanya. (*)