500 KK Miskin di Pasaman Dapat Sambungan Listrik Gratis

id listrik

500 KK Miskin di Pasaman Dapat Sambungan Listrik Gratis

Ilustrasi - Pemasangan listrik. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, tahun ini akan memberikan bantuan untuk pemasangan atau sambungan baru listrik gratis kepada 500 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di daerah itu.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman, Jhonneri di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan anggarannya bersumber dari APBD setempat sebesar Rp750 juta.

Ia menjelaskan usulan penerima bantuan listrik berdaya 450 volt itu hingga saat ini sudah mencapai 1.500 KK lebih.

Karena dana yang tersedia hanya untuk 500 KK maka penerima bantuan listrik gratis tersebut akan diusulkan oleh kepala kejorongan dan nagari (desa adat). Karena pihak nagari yang paling mengetahui siapa yang berhak menerima.

Penerima bantuan listrik gratis ini harus benar-benar kurang mampu sesuai dengan data yang ada di pemerintah daerah. Pemasangan hingga selesainya pemasangan ke rumah warga tidak dipungut biaya.

"Jadi penerima bantuan jangan mau dimintai uang dengan alasan apapun," katanya.

Pendaftar nantinya akan disurvei ke lapangan untuk mengecek kondisi masyarakat penerima bantuan apakah layak menerima.

Dengan turun ke lapangan maka jelas siapa yang seharusnya mendapatkan bantuan, hal ini agar benar-benar tepat sasaran.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara Rayon Lubuk Sikaping terkait penyerahan bantuan ini.

"Kegiatan ini akan dilelang dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Sekarang semua berkas pelelangan sedang dalam proses," ujarnya. (*)