Sakit Gagal Ginjal, Dua Calon Haji Pasaman Batal Berangkat ke Mekah

id haji

Sakit Gagal Ginjal, Dua Calon Haji Pasaman Batal Berangkat ke Mekah

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Dua calon haji asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji pada 2017 karena menderita sakit gagal ginjal.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Tohar Mukti Siregar di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan kedua calon haji yang batal tersebut yakni Pandak Binti Ramli (75) asal Kecamatan Rao Selatan dan Gulmat Bin Muhammad Soleh (54) asal Kecamatan Padang Gelugur.

"Kedua calon haji yang batal berangkat ini menderita sakit gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah," ujarnya.

Ia mengatakan untuk calon haji bernama Gulmat asal Padang Gelugur ini sudah batal total karena uang pelunasannya sudah diminta oleh pihak calon haji tersebut.

"Sedangkan untuk calon haji atas nama Pandak asal Rao Selatan ditunda hingga tahun depan," katanya.

Menurutnya, calon haji Pandak ini baru diketahui menderita gagal ginjal sejak seminggu lalu maka pihak keluarga masih berharap dapat berangkat pada 2018.

"Kita berharap dia segera sembuh dan dapat berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun depan," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya calon haji yang terdaftar dan masuk dalam kuota keberangkatan haji tahun ini sebanyak 175 orang namun empat orang mengundurkan diri dan ditambah dua orang menderita sakit.

"Jadi jumlah calon haji Pasaman yang yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) XVI sebanyak 169 orang ditambah satu orang TPHD yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman M. Saleh dan petugas kesehatan (TKHI) Vera Asmar yang berasal dan bertugas di Lubuk Sikaping. Mudah-mudahan menjelang keberangkatan nanti tidak ada lagi yang batal berangkat," katanya.

Ia menjelaskan para JCH akan berangkat ke embarkasi haji Padang pada 14 Agustus 2017 yang dilepas langsung oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Abdel Haq.

"Saat ini kita telah mulai menerima koper calon haji dari setiap kecamatan dan akan diantarkan ke embarkasi pada 13 Agustus 2017 oleh petugas dengan menggunakan armada truk yang disediakan oleh pemerintah daerah," ujarnya. (*)