Bupati Solok Selatan Kagumi Pengelolaan Pariwisata Purwakarta

id bupati solsel

Bupati Solok Selatan Kagumi Pengelolaan Pariwisata Purwakarta

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (tiga dari kanan) foto didampingi asisten III, kabag humas dan Kepala Bidang pengembangan Destinasi foto bersama dengan Kepala Bappeda Purwakarta, Kepala Dimas Budaya dan Pariwisata serta Kominfo Purwakarta, Kamis (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengagumi pengelolaan pariwisata Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat terutama Air mancur di Sri Baduga.

"Air mancur Sri Baduga sangat bagus sekali dan masuknya juga gratis itu perlu kita pelajari bagaimana pengelolaannya", kata dia saat melakukan sharing informasi ke Purwakarta, di Purwakarta, Kamis.

Dia mengatakan, sudah sejak dari dulu ia ingin berkunjung ke Purwakarta untuk belajar pengelolaan pariwisata dan hal lainnya.

"Purwakarta sangat cepat majunya sehingga perlu kita pelajari bagaimana caranya," ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Muzni juga mengajak Pemkab Purwakarta untuk berkunjung ke Solok Selatan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Dispoparbud) Purwakarta Agus Hasan mengatakan, Objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah semuanya tanpa dipungut biaya masuk.

"Kita hanya melarang pengunjung tidak merokok dan tidak membuang sampah dilokasi," katanya.

Dia mengatakan, tujuan pembangunan pariwisata hanya untuk hiburan rakyat dan memberikan imbas positif pada masyarakat disekitarnya.

"Dengan banyaknya kunjungan maka pedagang kecil disekitarnya juga akan mendapat keuntungan begitu juga dengan hotel maupun penginapan yang ada," ujarnya.

Sedangkan Objek wisata yang ada di Kecamatan kata dia, sifatnya hanya koordinasi dengan pemerintah.

Di Purwakarta ada objek wisata yang dikelola oleh karantina bekerjasama denga desa, dan ada yang di kelola swasata serta pemerintah. (*)