Duta Baca Tanahdatar Buka Lomba Bercerita Anak

id duta baca anak

Duta Baca Tanahdatar Buka Lomba Bercerita Anak

Duta Baca Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi membuka kegiatan Lomba Bercerita dan Menulis Artikel bagi pelajar di Gedung Perpustakaan Gunung Bungsu Batusangkar, Rabu (9/8). (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Duta Baca Tanah Datar, Sumatera Barat, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi membuka kegiatan Lomba Bercerita dan Menulis Artikel bagi pelajar daerah itu guna menambah wawasan dan meningkatkan kreatifitas mereka.

"Gemar membaca dapat menambah wawasan dan meningkatkan kreatifitas anak-anak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya saat membuka lomba di Gedung Perpustakaan Gunung Bungsu Batusangkar, Rabu.

Ketua Tim Penggerak PKK ini menyampaikan dukungannya atas pelaksanaan lomba seperti ini.

"Lomba Bercerita dan Menulis ini mengharuskan siswa membaca sejarah nasional dan lainnya, sehingga secara tidak langsung hal itu menambah minatnya untuk membaca, tidak larut dengan permainan game atau telepon seluler," katanya.

Disamping itu, dengan membaca yang kemudian diceritakan, anak-anak dapat memetik dan mengambil hikmah nilai-nilai positif yang bisa ditauladani.

"Bercerita merupakan metode yang sangat baik dan cepat dilakukan untuk menyampaikan pelajaran dan pesan, karena akan langsung meresap ke dalam akal dan pikiran," katanya.

Emi menyampaikan agar kegiatan ini menjadi ajang mencari bibit potensial untuk dibina dan dikembangkan agar ke depan mampu mengharumkan nama daerah.

"Tampilkan seluruh potensi yang dimiliki dan sebuah lomba tentu akan ada yang juara dan ada yang tidak, bagi yang belum juara, saya pesankan untuk tidak patah semangat, jadikan momentum ini sebagai motivasi dan cambuk untuk lebih baik dan berprestasi di masa datang," harapnyanya.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Tanah Datar, Marwan mengatakan lomba bercerita dan menulis artikel dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI ke-72.

Lomba bercerita tingkat anak SD dan MI diikuti 28 orang yang berasal dari utusan setiap kecamatan dan lomba menulis artikel tingkat SLTP dan Madrasah perwakilan sekolah," katanya.

Marwan menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk menambah minat baca siswa dan generasi muda, wadah menyaring dan mencari bibit potensial untuk mengikuti ajang yang sama pada 2018.

Pada lomba ini dihadirkan juri dan penilai yang kompeten dibidangnya, yakni Wendy, Dosen ISI Padang Panjang dan M. Jujur, Penulis yang telah melahirkan beberapa karya buku. (*)