Selasa, 22 Agustus 2017 - 30 Zulqaidah 1438 H

14.000 Pegawai Padang Jadi Relawan Kebersihan

Mahyeldi Ansharullah (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi meresmikan sebanyak 14.000 pegawai yang bekerja di lingkungan pemerintahannya menjadi relawan kebersihan pada kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Padang, Rabu.

"Ini sesuai janji saat meraih Adipura semua pegawai termasuk walikota dan wakilnya memiliki kewajiban dalam membersihkan dan menjaga lingkungannya," katanya.

Dia menyebutkan dengan penyematan pin relawan kebersihan, pegawai harus menjadi pelopor dan mengajak warga dalam membersihkan minimal tempat tinggal dan lingkungan kerjanya.

Peresmian ini kata dia sebagai langkah membudayakan kebersihan di tengah masyarakat.

Nantinya pegawai yang terdaftar di pemerintahan wajib menjadi penyalur informasi tentang program kebersihan lingkungan sekaligus turun ke lapangan memberikan contoh kepada warga.

"Bila harus memungut sampah dan bersihkan limbah ya harus dilakukan," ujarnya.

Dia menambahkan selain meresmikan 14.000 pegawai jadi relawan kebersihan, tepat hari ini mobil penyapu jalan resmi diluncurkan dan beroperasi.

Dia berharap mobil ini nantinya akan membantu pegawai kebersihan jalan dan Dinas Lingkungan Hidup dalam pengelolaan sampah.

Dalam operasinya sebut dia dilakukan dini hari hingga pagi pada sejumlah jalan protokol di Padang.

Dia berjanji bila kendaraan ini berkinerja baik akan ada penambahan atau alat lainnya.

Sementara itu pegiat pengelolaan sampah di Padang, Syaifuddin menyambut baik adanya program relawan kebersihan dan pengaturan waktu buang sampah.

Menurutnya hal ini secara perlahan akan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang masih berjalan di tempat.

Mengingat kata dia, saat ini volume sampah di Padang mencapai 600 ton per hari penambahan sarana dan penguatan program sangat dibutuhkan. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga