Kodim 0305/Pasaman Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar

id Bahaya narkoba

Kodim 0305/Pasaman Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar

Ilustrasi penyuluhan bahaya narkoba (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/Pasaman, Sumatera Barat, menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika dan obat berbahaya (Narkoba) kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama 3 Lubuk Sikaping.

Komandan Kodim 0305/Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 200 orang pelajar dan 15 guru yang ada di sekolah tersebut.

Materi yang diberikan oleh TNI tersebut mengenai bahaya narkoba yang saat ini sudah sangat meresahkan di tengah-tengah masyarakat.

"Wawasan kebangsaan tentang bahaya narkoba itu sangat perlu diketahui oleh pelajar khususnya di usia remaja. Sebab, anak-anak usia remaja rentan terpengaruh narkoba," ujarnya.

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu cara TNI untuk memberantas peredaran gelap narkoba di kalangan pelajar.

"Mereka harus tahu jenis dan bahaya narkoba jika dikonsumsi oleh anak-anak usia remaja," katanya.

Sementara itu, Danramil 01/Lubuk Sikaping Kapten Inf B. Napitupulu selaku pemateri mengatakan sebagian besar pengguna narkoba adalah anak-anak di usia produktif.

"Oleh sebab itu kita sangat perlu memberikan sosialisasi kepada pelajar SMP/sederajat karena pada usia tersebut sangat rentan terhadap pengaruh narkoba," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pencegahan penyalahgunaan narkoba ini merupakan musuh bersama.

"Itu tidak hanya tugas kita dan sekolah saja tetapi kita sangat mengharapkan peran orang tua untuk dapat mengawasi anaknya. Ini tugas kita bersama untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut," katanya. (*)