Senin, 23 Oktober 2017 - 3 Safar 1439 H

Kejurnas Karate Menjadi Sarana Evaluasi Pembinaan Atlet

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim memberikan sambutan dalam pembukaan Kejurnas Karate ke-V 2017 yang digelar di GOR Prayoga Kota Padang,Sumatera Barat. Kejurnas ini diikuti oleh ratusan atlet yang berasal dari 27 PPLP se-Indonesia. (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)
Padang, (Antara Sumbar) - Kejuaraan Nasional antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahraga di Padang, Sumatera Barat, 8-12 Agustus 2017 merupakan sarana evaluasi terhadap pembinaan olahraga karate agar bisa melahirkan karateka berbakat.

"Mereka nanti diharapkan bisa mewakili Indonesia di ajang internasional," kata Asisten Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga Teguh Raharjo sat menghadiri kejurnas di Padang, Selasa.

Untuk mewujudkan target tersebut menurut dia, Kementerian Pemuda dan Olahraga secara berjenjang akan tetap melakukan pembinaan serta memberikan kesempatan bertanding dalam ajang kompetisi resmi, sehingga mental dan kemampuan atlit semakin teruji.

"Kemenpora terus mendukung agar cabang karate ini dapat melahirkan atlet yang berperstasi di tingkat internasional," ujar dia.

Ia juga berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk serius dalam melakukan pembinaan serta secara rutin menggelar kejurda untuk mengevaluasi peningkatan hasil latihan.

Menurutnya kerjasama antara pemerintah daerah, pusat dan relasi swasta akan bisa meningkatkan prestasi atlet karate Indonesia.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan kepercayaan kepada provinsi itu menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejurnas Karate antar PPLP/D dan SKO.

Ia mengatakan dengan ditunjuknya Kota Padang sebagai tempat pelaksanan dapat memotivasi atlit daerah ini untuk giat berlatih, sekaligus sebagai ajang evaluasi sehingga pada masa mendatang dapat menjadi duta olahraga Sumbar pada berbagai ajang kejuaraan baik nasional maupun internasional.

"Kita berharap usai kejurnas ini, berbagai kelemahan maupun kekurangan atlit yang terlihat seperti fisik, teknik, kecepatan dan powernya dapat dievaluasi dan diperbaiki," kata dia.

Kejurnas karate Antar PPLP/D dan SKO di Padang 8-12 Agustus 2017 akan mempertandingkan masing-masing kelas untuk kategori SLTA Putra-putri dan Tingkat SLTP Putra-putri, diikuti lebih kurang 250 karateka utusan 27 PPLP/D dan SKO dari 22 propinsi di Indonesia.

Diantara pesertanya, PPLP Jawa Barat, Papua, Maluku, Sumut, Aceh dan tuan rumah Sumatera Barat. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga