7.261 Warga Miskin Pasaman Terima PKH Nontunai

id warga miskin

7.261 Warga Miskin Pasaman Terima PKH Nontunai

Ilustarsi.

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 7.261 penerima yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Efka Emi di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan untuk tahun 2017 dana yang akan disalurkan sebesar Rp13 miliar lebih yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Untuk tahap satu yakni bulan Januari-Maret 2017 sekitar Rp3,6 miliar," ujarnya.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.

"Selain itu juga untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah dana yang diterima tersebut yakni sebesar Rp1.890.000 untuk KPM Reguler, sebesar Rp2 juta untuk KPM Lanjut Usia dan KPM Penyandang Disabilitas sebesar Rp2 juta.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama meminta kepada keluarga penerima manfaat untuk dapat menggunakan uang tersebut sesuai aturannya.

"Uang tersebut jangan dibelikan telepon selular, pulsa telepon selular dan rokok untuk suaminya. Pergunakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Ia berharap PKH ini mampu memutus rantai kemiskinan antar generasi di Pasaman.

"Dinas Sosial diminta untuk melakukan pengawasan dan monitor proses pencairannya melalui bank sehingga program ini berjalan lancar," ujarnya. (*)