Irwansyah Delapan Tahun Dikerangkeng

id Irwansyah

Irwansyah Delapan Tahun Dikerangkeng

Warga Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Irwansyah (53) yang dikerangkeng selama delapan tahun dibelakang rumahnya. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni akan segera meninjau seorang warga Kecamatan Batang Kapas bernama Irwansyah (53) yang dikerangkeng selama delapan tahun di belakang rumahnya.

"Dalam beberapa hari ke depan, saya beserta Dinas Sosial akan ke lokasi untuk mencari solusi terkait kejadian tersebut," katanya di Painan, Selasa.

Ia menambahkan jika Irwansyah mengalami gangguan jiwa, itu bukanlah pilihan karena masih ada pilihan yang lebih manusiawi seperti membawanya berobat ke rumah sakit jiwa.

Selain bisa dilakukan perawatan di rumah sakit, perawatan di rumah juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat namun tetap dengan rekomendasi dokter.

"Saya pribadi prihatin dengan kondisi tersebut, apalagi sudah dikerangkeng selama delapan tahun. Video beserta foto Irwansyah juga telah tersebar di media sosial," katanya.

Sementara itu, seorang warga Kecamatan Batang Kapas, Sol Sanggara (43) meminta pemerintah kabupaten bertindak cepat atas perlakuan yang diterima Irwansyah.

"Kondisinya memprihatinkan apalagi kerangkeng yang ia tempati selama delapan tahun terakhir cukup sempit dan tidak memungkinkan untuk berdiri," kata dia.

Pria yang pertama kali mempublikasikan video dan foto Irwansyah tersebut ke media sosial mengaku sangat kesulitan untuk mendapatkannya.

"Ayah Irwansyah bersikeras agar kami tidak menemuinya, namun dengan berbagai cara akhirnya kami bisa bertemu bahkan saya bisa mengambil video dan fotonya," ujarnya.

Ia berharap agar pemerintah kabupaten peduli dengan hal-hal yang menimpa warga di daerah itu yang serupa dengan Irwansyah karena tidak menutup kemungkinan masih ada kasus serupa namun belum terungkap. (*)