Pemkab Solok Gelar "Mount Talang Eksplore" Meriahkan HUT-RI

id Mount Talang Eksplore

Pemkab Solok Gelar "Mount Talang Eksplore" Meriahkan HUT-RI

"Mount Talang Eksplore" dalam rangka memeriahkan HUT-RI di Kabupaten Solok. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menggelar 'Mount Talang Eksplore' pada 15-17 Agustus 2017 dalam rangka memeriahkan HUT RI, dan meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda daerah itu.

"Pendakian bersama Gunung Talang ini merupakan agenda tahunan pemerintah daerah sejak 2009, namun saat ini peserta diperluas bagi masyarakat umum yang ingin ikut mendaki," kata Kasi Pelayanan Data dan Informasi Kepariwisataan Kabupaten Solok, Sandra Juwita di Arosuka, Selasa.

Ia menjelaskan tujuan kegiatan ini selain dalam rangka HUT RI dan meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda, juga menjadi potensi pariwisata karena Gunung Talang akan semakin dikenal luas masyarakat.

Dengan demikian para pecinta daki Gunung Talang akan semakin banyak peminat, apalagi untuk tahun ini ada lomba fotografi saat pendakian bertema "Satu Adalah Kita". Foto harus diambil selama pendakian.

Lomba foto ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori DSLR dan kategori smartphone. Foto harus hasil asli, tanpa adanya editan.

Ditargetkan peserta melebihi tahun lalu dimana pada 2016, peserta sekitar 6.000 sampai 7.000 orang, yang didominasi mahasiswa dan pelajar.

Peserta boleh mendaftar per orangan atau per komunitas atau tim, dengan biaya insert sebesar Rp25 ribu, yang di dalamnya termasuk biaya parkir, asuransi, snack, dan minuman.

Peserta tidak dibatasi dengan umur, pendaftaran dimulai sejak 1 Agustus hingga 12 Agustus 2017 di kantor Disparbud Arosuka, dan pendaftaran di posko Aia Batumbuk dibuka dari 13-16 Agusutus 201.

Setiap peserta yang ikut harus memiliki kelengkapan seperti tenda, kompor, sleeping bag, jaket, baju ganti, sepatu, survival kit, dan P3K. (*)