WTO: Pemulihan Moderat Perdagangan Dunia Berlanjut di Kuartal Ketiga

id WTO

WTO: Pemulihan Moderat Perdagangan Dunia Berlanjut di Kuartal Ketiga

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (Antara)

Jenewa, (Antara Sumbar - Indikator Prospek Perdagangan Dunia terbaru menunjukkan pertumbuhan perdagangan barang dagangan global akan terus menguat pada kuartal ketiga 2017, kata Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Senin (7/8).

Sementara itu, pesanan ekspor global juga menunjukkan tanda-tanda perataan, yang bisa berarti momentum kenaikan dalam pertumbuhan perdagangan mungkin telah mencapai puncaknya, WTO memperingatkan.

Jika ini yang terjadi, pertumbuhan perdagangan diperkirakan akan moderat pada tahun ini.

Hasil ini sedikit lebih kuat dari perkiraan perdagangan WTO baru-baru ini pada 12 April, yang mengantisipasi pertumbuhan perdagangan moderat tahun ini setelah ekspansi lemah pada 2016.

Angka terakhir 102,6 lebih tinggi dari angka sebelumnya sebesar 102,2 yang dikeluarkan pada Mei tahun ini, yang menunjukkan momentum berkelanjutan untuk pertumbuhan perdagangan, kata WTO dalam sebuah pernyataan.

Angka 100 menunjukkan pertumbuhan sejalan dengan tren jangka menengah; angka lebih besar dari 100 menunjukkan di atas tren pertumbuhan, sementara di bawah 100 menunjukkan sebaliknya.

Kinerja yang kuat dalam pengiriman udara, pesanan ekspor dan pengiriman kontainer diimbangi oleh hasil yang lebih lemah pada indeks-indeks lainnya.

Hasil untuk bahan baku pertanian dan perdagangan komponen elektronik lebih lemah, namun kedua indeks tersebut telah berbalik naik baru-baru ini.

Pada saat yang sama, pertumbuhan lemah dalam produksi dan penjualan mobil menjadi perhatian karena hal itu mengindikasikan melemahnya kepercayaan konsumen di seluruh dunia, kata laporan tersebut.

WTO mengatakan indikator prospek tidak dimaksudkan sebagai perkiraan jangka pendek, meskipun memberikan indikasi pertumbuhan perdagangan dalam waktu dekat.

Kontribusi utamanya adalah mengidentifikasi titik balik dan mengukur momentum pertumbuhan perdagangan global.

Dikatakan indikator tersebut melengkapi statistik dan prakiraan perdagangan dari WTO dan organisasi internasional lainnya. (*)