Pasaman Barat Resmikan Kampung KB Nagari Persiapan

id Kampung KB

Pasaman Barat Resmikan Kampung KB Nagari Persiapan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat menandatangani peresmian Kampung KB Nagari Giri Maju, Senin (7/8). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), mencanangkan Kampung Keluarga Berencana di Nagari (Desa) persiapan Giri Maju Kecamatan Luhan Nan Duo, Senin.

"Mudah-mudahan sebentar lagi Nagari Giri Maju menjadi Nagari defenitif. Apalagi setelah dicanangkannya Kampung KB di daerah ini," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Senin.

Ia menambahkan target Pemkab Pasaman Barat nagari persiapan ini secepatnya menjadi nagari definitif. Apalagi setelah ditetapkan sebagai kampung KB. Pembangunan secara berlahan akan berjalan.

Menurutnya pencanangan Kampung KB saat ini tidak notabene berbicara soal anak. Namun, bagaimana pembangunan dari segala sektor.

"KB memang menjadi program nasional. Bagaimana menciptakan keluarga yang berkualitas di dukung oleh lingkungan yang berkualitas juga," ujarnya.

Kepala BKKBN Sumbar, Syahruddin menjelaskan kampung KB di Pasaman Barat sudah hampir dimiliki oleh setiap kecamatan. Ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Kampung KB merupakan suatu kegiatan prioritas yang dikembangkan dan bersentuhan secara langsung dengan kepentingan masyarakat," tambahnya.

Menurutnya di Kampung KB akan dikeroyok secara bersama. Secara utuh penggarapan program kependudukan, Keluarga Berencana, dan pembangunan keluarga berencana yang bersinergi antara BKKBN dengan instansi terkait akan digenjot," jelasnya.

Sementara pejabat Wali Nagari Persiapan Giri Maju, Samsul Bahri menyebutkan masyarakat warga Giri Maju memiliki semangat dan kekompakan yang patut dipertahankan.

Sebagai nagari persiapan wilayah tersebut memang membutuhkan sentuhan pembangunan dari segala sektor.

"Masyarakat di sini sangat berharap akan pembangunan. Peresmian kampung KB ini terlaksana berkat dorongan, sumbangan materi dan pikiran dari masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, diumumkan juga beberapa lomba yang berhasil di raih oleh Pasaman Barat dalam rangka Hari Keluarga Nasional.

Juara satu lomba gelanggang dagang. Juara dua lomba keluarga harmonis tingkat Sumbar. Juara dua perempuan inspiratis tingkat Sumbar.

Juara dua lomba KB lestari tingkat Sumbar. Harapan satu lomba UPKS tingkat Sumbar. Harapan satu lomba Bina Keluarga Remaja tingkat Sumbar. (*)